Smart IT Fest, Upaya Mengenalkan Produk Mahasiswa D3 TI ke Masyarakat

0
107
Prof Ir Ari Handono Ramelan (Dekan FMIPA) didamping Abdul Azis, S.Kom, M.Cs (Kaprodi D3TI) memotong pita sebagai tanda dibukanya Smart IT Fest 2018 pada Kamis (20/9/2018)

Program Studi D3 Teknik Infotmatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Smart IT Fest 2018. Acara yang digelar selama tiga hari (20-22/9/2018) di Atrium Hartono Mall Solo Baru menampilkan produk tugas akhir dari mahasiswa D3 TI. Disamping menampilkan produk tugas akhir mahasiswa, acara Smart IT Fest juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan Teknologi Informasi diantaranya Talk Show, Seminar Nasional, IT competition berupa pertandingan game dan juga kampus hiring.

Dalam sambutannya, Dekan FMIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan mengapresiasi dan menyabut positif kegiatan tersebut, sambil berpesan agar kegiatan semacam ini bisa menggandeng dunia industri untuk bisa sharing pengetahuan. Sehingga produk-produk yang dihasilkan oleh mahasiswa sesuai dengan yang dibutuhkan oleh dunia industri.

“Saya sangat mendorong agar produk tugas akhir yang dihasilkan oleh mahasiswa bisa dimanfaatkan oleh masayarakat luas dan juga industri, sehingga perlu bekerja sama dengan dunia industri untuk sharing pengetahuan;” ujarnya.

Dekan FMIPA UNS Prof. Ir. Ari Handoro Ramelan berkenan mencoba produk hasil karya mahasiswa berupa game Virtual Reality Meseum Karst Wonogiri di arena Smart IT Fest 2018 pada Kamis (20/9/2018) di Atrium Hartono Mall Solo Baru

Sementara, Abdul Azis selaku kepala progam studi mengatakan bahwa tujuan awal diselenggarakannya kegiatan ini sebagai sarana untuk mengenalkan produk yang dihasilkan mahasiswa D3TI kepada masyarakat luas. Namun seiring perkembangan jaman, kegiatan ini buka hanya sekedar pameran produk saja, tapi juga sebagai sarana mengedukasi masyarakat.

“Kegiatan Smart IT Fest mendorong mahasiswa dan masyarakat untuk mengikuti perkembangan Teknologi Informasi, karena jika tidak maka akan tergilas oleh jaman,” demikian ujar Abdul Azis.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Abdul Azis, Smart IT Fest 2018 tidak hanya sekedar menampilkan produk karya mahasiswa, namun juga diisi dengen Seminar Nasional Teknologi Informasi, Seminar Start Up dan juga Talk Show.

Harapannya dengan Smart IT Fest, D3TI menjadi prodi unggulan di UNS untuk membuat produk-produk yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain, kebanggan buat kita. Apa yang dilakukan memberikan makna untuk lebih kreatif, karena diakui bersama sudah banyak alumni D3 TI yang bekerja di berbagai instansi baik negeri maupun swasta. [MnR]