About Us

Visi, Misi dan Tujuan Fakultas MIPA UNS

A. Visi

FMIPA sebagai lembaga pendidikan yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional .

B. Misi

Misi Dengan berlandaskan pada visi tersebut maka misi FMIPA UNS dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan sarjana di bidang ilmu dasar dan terapan yang profesional, yang bermoral tinggi, dan mampu menghadapi persaingan pada era global.

2. Melaksanakan penelitian dalam pengembangan ilmu dasar dan terapan sesuai dengan kebutuhan IPTEKS masa kini dan masa depan.

3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan kompetensi dalam bidang ilmu dasar dan terapan.

C. Tujuan

Untuk melaksanakan misinya, FMIPA UNS menetapkan arah tujuan pengembangan sebagai berikut :

1. Menghasilkan sarjana ilmu dasar dan terapan yang memiliki integritas, kemandirian, kepribadian, dan kejujuran, serta tanggap terhadap kemajuan IPTEKS.

2. Menghasilkan sarjana ilmu dasar dan terapan yang berkualitas dan mampu mengembangkan IPTEKS.

3. Menghasilkan produk penelitian ilmu dasar dan terapan yang bermanfaat bagi pengembangan IPTEKS.

4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama dalam bidang ilmu dasar dan terapan dengan lembaga pemerintah, dunia usaha dan industri baik nasional maupun internasional.

Visi, misi dan tujuan Fakultas  MIPA ditetapkan berdasarkan pertimbangan yang sangat realistis dengan mempertimbangkan visi, misi universitas. Fakultas MIPA memiliki keinginan yang sangat kuat untuk menjadi fakultas dengan unggulan lokal dan nasional serta dalam konteks global, dengan misi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki kontribusi pada pembangunan daerah dan nasional, serta bermuara pada peningkatan daya saing global.

Selain itu, visi dan misi yang telah dipilih dan ditetapkan juga merupakan orientasi ke depan menuju arah yang lebih baik. Untuk dapat mewujudkan cita-cita luhur yang tertuang dalam visi, misi serta tujuan Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), maka diupayakan setiap bentuk perencanaan baik di tingkat Fakultas, Program Studi maupun laboratorium selalu disusun dengan berpedoman pada visi, misi dan tujuan Fakultas MIPA.