Anggrek Bulan Hasil Kultur Jaringan, Pikat Istri Panglima

0
141

Istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto berkesempatan mengunjungi Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret pada hari Selasa (20/3/2018). Dalam kunjungannya beliau didampingi oleh Ny. Iir Wuryanto, istri Pangdam IV Diponegoro, Ny. Hj. Handayani Ravik Karsidi beserta rombongan.

Ny. Nanny Hadi tjahjanto beserta rombongan berkesempatan melihat produk-produk unggulan hasil inovasi mahasiswa dan dosen. Hampir semua produk unggulan menarik perhatian beliau, mulai dari produk jamu herbal, batik dengan pewarna alam maupun batik anatomi yang saat ini sudahmemilki hak paten. Bahkan ketika tiba di stan tanaman anggrek hasil kultur jaringan beliau sangat terkesan.Terbukti beliau berkenan untuk membawa pulang anggrek bulan hasil kultur jaringan baik yang sudah berbunga maupun yang masih dalam masa pertumbuhan.

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto (tengah membawa bunga), istri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto terkesan dengan anggrek bulan hasil kultur jaringan dan berkenan untuk membawa pulang.

Mahasiswa dan dosen FMIPA saat ini tengah mengembangkan tanaman anggrek dengan sistem kultur jaringan, dimana perkembangbiakannya lebih cepat dan bisa bersifat massal.

“Ini luar biasa, karena hanya dengan mengambil daun atau akar, tanaman bisa dikembang biakan dengan cepat dan banyak “ ujar beliau.

Tidak luput dari perhatian beliau adalah produk Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang berbasis teknologi informasi. Teknologi yang saat ini dikembangkan oleh dosen dan mahasiswa Informatika FMIPA ini sangat cocok untuk metode pembelajaran interaktif mulai dari anak usia TK sampai Masyarakat Umum. Beliau juga berkenan untuk mencoba beberapa aplikasi, diantaranya adalah pembelajaran anak usia dini dan menembus lorong waktu menikmati kehidupan manusia purba yang saat ini sudah dikembangkan bekerjasama dengan museum sangiran. [Mnr]