Bedah Buku, “Menghilangkan Momok Dikalangan Mahasiswa”

0
310

Perpustakaan FMIPA Universitas Sebelas Maret mengadakan bedah buku  pada hari Selasa, 8 Maret 2016 bertempat di Ruang Sidang I Gedung A FMIPA. Acara yang diikuti oleh mahasiswa dan dosen baik dari FMIPA maupun FKIP ini menghadirkan pembicara sekaligus pengarang buku yaitu Drs. Sutrima, M.Si dan Pembedah buku Prof. Dr. Ch. Rini Indrati, M.Si dari Departemen Matematika Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Dalam paparannya Drs. Sutrima mengatakan bahwa tujuan dia menulis buku ‘Analisis Real’ adalah membantu mahasiswa dalam kuliah pertama Analisis Real. Sehingga konstruksi buku tersebut disusun sedemikian rupa sehingga runtut dan mudah difahami.  Buku yang terdiri dari delapan bab disusun hierarkis berdasarkan konsep matematika. Dimana setiap terminology diberikan contoh dan ilustrasinya, semua torema dan lemma dibuktikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.

Buku yang terbit pertama pada tahun 2010 ini diterbitkan oleh Javatechno Publisher sangat cocok dijadikan pedoman bagi mahasiswa S1 yang mengambil mata kuliah A nalisis Real.

“Bahkan buku ini masih relevan digunakan untuk mahasiswa pasca sarjana pendidikan matematika,” demikian dikatakan oleh Prof. Rini Indrati selaku pembedah buku.

Dengan terbitnya buku Analisis Real ini maka semakin menambah ketersediaan referensi yang lebih lengkap khususnya yang berbahasa Indonesia. Sehingga mata kuliah yang menuntut tingkat analisis logika yang tinggi ini tidak lagi menjadi momok bagi mahasiswa. []