Berkat Minyak Jlantah, Mahasiswa MIPA Raih Juara II LKTI Nasional

0
216

Juara LKTI Qanita AuliaDi awal tahun 2016, Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret kembali menorehkan prestasi tingkat Nasional. Adalah Reva Edra Nugraha dkk berhasil menjadi Juara II LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) tingkat nasional di Medan. Lomba yang diadakan di Universitas Negeri Medan (UNIMED) diikuti oleh 200 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Setelah melalui bapak penyisihan, akhirnya Reva berhasil lolos kebabak Grand Final beserta 14 peserta yang lain untuk menyampaikan presentasi dihadapan dewan juri. Babak Grand Final diselenggarakan pada Sabtu, 05 Maret 2016 di Digital Library UNIMED. Bukan hanya presentasi, tetapi peserta juga diharuskan membuat Poster dan Short Movie untuk ditampilkan di 3rd Edition Chemical Expo 2016.

Membawakan makalah dengan judul “Green Diesel Dari Konversi Minyak Goreng Bekas (Waste Cooking Oil/Wco) Menggunakan Katalis Zeolit Alam Klaten Termodifikasi Sebagai Energi Alternatif Ramah Lingkungan” akhirnya mengantarkan Reva Edra Nugraha, Qonita Awlia H dan Dwi Ni’maturrohmah menjadi juara II LKTI tingkat Nasional.

Ketika ditanya tentang makalahnya, Qonita mengatakan bahwa hal ini terinspirasi perlunya energy alternatif sebagai pengganti energi minyak bumi. Minyak Goreng Bekas atau oleh orang jawa sering disebut minyak jlantah berpotensi besar untuk menjadi sebuah energy alternatif selain biodiesel. Keunggulan minyak jlantah dibanding biodiesel adalah, disamping keberadaannya yang melimpah juga tingkat emisinya lebih rendah dibandingkan dengan biodiesel.

Prof. Ari Handono Ramelan selaku dekan mengaku bangga dan memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh ketiga orang mahasiswa prodi kimia tersebut dibawah bimbingan Dr. rer. nat. Witri Wahyu Lestari. []