Berorganisasi Harus Profesional dalam Sikap dan Tindakan

0
317

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Matemtaika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS menyelenggarakan Latihan Manejemen Organisasi (LMO) bagi pengurus organisasi mahasiswa baik yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) di lingkungan FMIPA.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari Sabtu-Minggu (30 Maret-1 April 2018) di Tawangmangu diikuti oleh perwakilan pengurs UKM, HMP, Dema dan BEM periode tahun 2018. Menggandeng Citra Emas School of Management & Public Realtion, sebuah lembaga atau konsultan Management dan Public Relation yang berpusat di Jogja.

Ir. Herawati dari Citra Emas ketika memberikan materi pada Latihan Manajemen Organisasi (LMO) Fakultas MIPA Sabtu-Minggu (30 Maret – 1 April 2018) di Tawangmangu

“Menjadi seorang organisatoris harus bisa berkomunikasi dengan semua pihak secara baik. Karena salah satu kunci sukses sebuah organisasi adalah komunikasi yang baik antar personal.” demikian disampaikan oleh Ir. Herawati selaku trainer dari Citra Emas.

Disamping pandai berkomunikasi, seorang pengurus organisasi juga harus pandai untuk bernegosiasi. Hal ini diperlukan, karena pada hakekatnya sebuah organisasi adalah bagaimana bisa meyakinkan pihak lain atas program yang dijalankan.

Untuk menjadi negosiator yang andal paling tidak ada empat komponen yang harus diperhatikan dan professional. Keempat komponen tersebut adalah professional dalam penampilan, sikap, pengetahuan dan tindakan. Kalau keempatnya sudah ada dalam diri kita makan kita harus yakin, mantap dan etis, sehingga negosiasi yang kita lakukan behasil.

Dengan bekal yang didapat dari pelatihan ini, diharapkan para pengurus organisasi mahasiswa bisa membawa organisasi kepada tujuan yang baik dengan lancar.

“Jangan berkutat pada perpecahan dan perselisihan sehingga kapal besar (organisasi) yang kita nahkodai bisa berjalan lancar,” ujar Prof. Sugiyarto selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Aumni.

Acara diakhiri dengan pembahasan program kerja oleh ormawa yang ada di FMIPA UNS.[Mnr]