Program S3 Doktor Biologi

BANNER

Latar Belakang

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang semakin berkembang menuntut peran para ilmuwan dan peneliti, untuk memiliki motivasi dan etos kerja tinggi serta kualitas akademis yang memadai. Disamping ilmuwan dan peneliti, tuntutan kualifikasi ini juga dirasakan perlu oleh birokrat, industriawan, dan para pengambil keputusan. Program studi Doktor Biologi didirikan untuk menghasilkan ilmuwan dan peneliti yang memiliki kualitas akademik yang tinggi.   Lulusan PS Doktor Biologi diharapkan akan mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) dengan bijaksana, mengingat kekayaan SDA kita yang sangat melimpah.

Program Studi (Prodi) Biologi sebagai salah satu program studi di UNS berkewajiban melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Hal ini menunjukkan bahwa PT berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan mengisi berbagai sektor. PS Doktor Biologi diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan karya ilmiah yang bereputasi internasional. Hal ini didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul serta fasilitas laboratorium yang memadai. Mengingat UNS telah mencanangkan diri untuk menjadi world class university (WCU) pada tahun 2019, maka berdirinya PS Doktor Biologi akan mendukung tercapainya tujuan tersebut.

PS Doktor Biologi diharapkan menghasilkan luaran diantaranya lulusan yang berkualitas dan karya ilmiah yang berkualitas, yang diperlukan untuk memecahkan berbagai masalah di masyarakat. Sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki PS Doktor Biologi merupakan SDM yang berkualitas yang telah memiliki peran nyata di masyarakat, serta sering menjadi rujukan untuk bidang-bidang tertentu misalnya dalam hal budidaya sidat, kultur jaringan anggrek, serta identifikasi tumbuhan.

PS Doktor Biologi diharapkan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk pengembangan IPTEK serta pengelolaan sumber daya hayati yang berkelanjutan dan bijaksana. PS Doktor Biologi berperan dalam penelitian dan pengembangan Bioproduk yang nantinya bermanfaat dalam bidang pertanian, kesehatan, lingkungan, dan industri antara lain obat kanker, produksi enzim, serta probiotik.          Mengingat kemanfaatan dan peran penting PS Doktor Biologi maka pendirian program studi ini merupakan hal yang menjadi prioritas bagi UNS. UNS sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi yang sangat baik, aktif menyumbangkan lulusan yang memiliki kualifikasi yang unggul.    Dengan lulusan yang berkualitas, harapannya akan meningkatkan sumbangsih bagi bangsa dan negara.

Keunggulan dan Spesifikasi Program Studi Doktor Biologi

PS Doktor Biologi FMIPA UNS mengembangkan ilmu dasar dan terapan dengan memfokuskan pada pengembangan bioproduk dari kekayaan sumber daya alam Indonesia. Lulusannya diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional dan  internasional. Kurikulum prodi diarahkan untuk membekali mahasiswa dalam mengelola SDA hayati untuk menghasilkan bioproduk dari sumber hayati, baik di tingkat molekuler, sel, jaringan, individu, spesies, populasi, ataupun ekosistem, dengan kajian interdisipliner, multidisipliner, maupun transdisipliner.

Visi Keilmuan 

“Menjadi institusi yang unggul dalam pengembangan ilmu, teknologi, dan inovasi di tingkat internasional dan terdepan dalam bidang Bioproduk”

Visi ini sejalan dengan visi program studi Biologi FMIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan tinggi dalam bidang biologi yang berdaya saing pada tingkat nasional dan internasional  dan visi Fakultas MIPA UNS yaitu menjadi lembaga pendidikan  yang unggul dalam bidang ilmu dasar dan terapan di tingkat nasional maupun internasional; serta selaras dengan visi UNS yaitu menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan doktor biologi yang memiliki integritas serta menguasai pengetahuan dan ketrampilan.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang mengarah pada pengembangan ilmu dan teknologi, dan inovasi baru di bidang Bioproduk.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat berbasis pemberdayaan di bidang Bioproduk

Tujuan 

Tujuan PS Doktor Biologi FMIPA UNS adalah menyelenggarakan program pendidikan S-3 melalui serangkaian proses pembelajaran sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang mengacu pada  Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang antara lain:

  1. Menghasilkan doktor yang memiliki penguasaan filosofi keilmuwan biologi berintegritas tinggi, profesional, kreatif, dan inovatif di bidang bioproduk.
  2. Menghasilkan karya-karya inovatif dan berkualitas yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Bioproduk.
  3. Mewujudkan lembaga pendidikan dan penelitian yang berperan sebagai pusat  rujukan ilmu dan teknologi di bidang Bioproduk.
  4. Mendiseminasikan hasil pendidikan dan pengajaran, serta penelitian di bidang Bioproduk kepada masyarakat, sehingga terjadi transformasi terus menerus untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Strategi pencapaian VMTS :

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan P2M dosen agar dapat menyelenggarakan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik.
  2. Peningkatan pelaksanaan PBM yang berkualitas dan efisien serta pemanfaatan sumber daya yang ada di PS secara hemat dan bertanggungjawab.
  3. Peningkatan kerjasama strategis dengan institusi lain untuk peningkatan kualitas penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Peningkatan kerja sama pendidikan, penelitianm dan P2M dengan instansi pemerintah dan swasta, baik dalam dan luar negeri.
  5. Mengikutsertakan staf dosen dalam pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk meningkatkan kemampuan penulisan dan publikasi ilmiah terutama yang siap dipublikasikan pada jurnal terakreditasi nasional maupun terindeks internasional.