D3 Farmasi

A. Pendahuluan

Program D3 Farmasi merupakan salah satu program studi di lingkungan FMIPA Surakarta, yang didirikan Program D3 Farmasi merupakan salah satu program studi di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang didirikan pada tanggal 7 Juli 2008 sesuai SK Dirjen DIKTI No. 2088/D/T/2008 Tahun 2008. Program D3 Farmasi FMIPA UNS beralamat di Kampus FMIPA UNS Jl. Ir. Sutami 26A Kentingan Surakarta 57126, Telp. (0271) 663375 Psw. 386, 387, Fax. (0271) 663375.

Program D3 Farmasi FMIPA UNS saat ini menyelenggarakan satu program D3 dengan kekhususan Farmasi Klinik dan Komunitas, yang ditujukan untuk mencetak tenaga ahli madya farmasi yang memiliki kualifikasi sebagai pelaksana pelayanan kesehatan di bidang farmasi, pelaksana pendistribusian dan pemasaran sediaan farmasi, pelayanan informasi kesehatan di bidang farmasi, dan pelaksana pengelolaan obat yang handal.

B. Visi dan Misi

Dalam penyelenggaraannya sebagai institusi pendidikan, program D3 Farmasi FMIPA UNS mengemban visi
”Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga ahli madya di bidang kefarmasian dengan lulusan berkualitas nasional, yang relevan dengan kebutuhan penggunaan pada era globalisasi”

Sedangkan misi yang dijalankan oleh Program D3 Farmasi FMIPA UNS adalah :
1. Melaksanakan pendidikan tinggi non-gelar bidang farmasi yang memadukan teori dan praktik yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja
2. Menghasilkan tenaga professional D3 Farmasi yang menguasai IPTEK dibidangnya juga dibekali wawasan agama, kemasyarakatan, dan kebangsaan.
3. Mengembangkan ilmu kefarmasian yang inovatif, berkualitas, profesional sesuai dengan perkernbangan dinamika ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Menyebarluaskan hasil kajian penelitian yang bersifat inovasi dalam rangka membantu pernerintah dan rnasyarakat khususnya dibidang D3 Farmasi.
5. Membantu para alumnus D3 Farmasi memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidangnya melalui jejaring komunitas D3 Farmasi.

C. Tujuan Pendidikan

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut diatas, penyelenggaran Program D3 Farmasi FMIPA UNS berpedoman pada tujuan pendidikan, yaitu menghasilkan lulusan yang :
1. Dihasilkannya tenaga professional farmasi yang memiliki kompetensi akademik dan kemarnpuan professional, mampu berkarya mandiri serta bersaing secara global
2. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kefarmasian
3. Dihasilkannya inovasi dan teknologi tepat guna yang tanggap terhadap kemajuan dan perkembangan ilmu farmasi untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
4. Membantu masyarakat dan pemerintah dalam menyelesaikan segala permasalahan yang terkait dengan dunia pengobatan melalui seminar, training, jasa pelayanan konsultasi pengobatan.
5. Dihasilkannya jejaring komunitas D3 Farmasi FMIPA UNS untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan peminatan, terciptanya wadah organisasi D3 Farmasi FMIPA UNS sebagai sarana komunikasi dan informasi antar alumni.

website : http://d3farmasi.mipa.uns.ac.id