Dalam Rangka Meningkatkan Kerjasama Institusi, FMIPA Berkunjungan ke PT Deltomed Laboratories

0
193

DeltomedPada Hari Rabu, 20 Nopember 2013 rombongan FMIPA yang terdiri dari Dosen Jurusan Kimia dan CDC (Career Development Center) berkunjung ke Pabrik Jamu PT Deltomed Laboratories yang berada di Wonogiri.
Rombongan yang dipimpin oleh Bapak Yuniawan Hidayat, M.Si tiba di Deltomed pada pukul 10.00 diterima oleh Bapak Adi Nugroho selaku pimpinan Perusahaan.

Dalam sambutannya Bapak Adi menyatakan senang atas kedatangan rombongan dari FMIPA UNS. Beliau berharap agar kerjasama yang sudah terjalin selama ini bisa lebih ditingkatkan lagi, baik itu dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat.

Sementara itu, Bapak Yuniawan Hidayat yang mewakili Fakultas menyampaikan tentang visi dan misi jurusan Kimia serta potensi yang ada di jurusan khususnya dan MIPA pada umumnya. Seperti potensi Sumber Daya Manusia. Saat ini dosen-dosen kimia hampir semuannya bergelar doktor serta memiliki dua orang profesor.
Disamping itu, Jurusan Kimia juga memilki alat-alat laboratorium yang canggih yang bisa digunakan untuk kolaborasi penelitian dengan institusi perusahaan.
“Ada beberapa grup riset yang bisa dikolaborasikan dengan perusahaan sehingga akan menjadikan nilai tambah bagi kedua belah pihak.” demikian ungkapnya.

Pada akhir kunjungan peserta diajak berkeliling ke perusahaan untuk mengetahui proses produksi dari barang mentah menjadi barang jadi (Jamu). Rombongan juga diajak ke Javaplant yang merupakan grup perusahaan dari PT Deltomed yang berada di Karangpandan Karanganyar.

Adapaun kesepakatan bersama antara FMIPA UNS dan PT Deltomed adalah dalam beberapa bidang diantaranya : Penelitian dan Pengembangan Solusi Pengolahan Limbah, Pengujian Skala Laboratorium dan Skala Pilot, Kegiatan Magang Mahasiswa, Pengembangan Formula, Metode Analisis dan Prototype Produk serta Pemanfaatan dan Penerapan Hasil-hasil Pengkajian.