Dewi Aisyah, Juara 2 Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN Pertamina) Bidang Fisika

0
26

OSN PertaminaDewi Aisyah mahasiswa Fisika Fakultas MIPA UNS meraih Juara 2 Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN – Pertamina) tahun 2013 setelah di Final berhasil menyisihkan perwakilan dari IPB, UNRAM, ITS dan Universitas Jambi.

Diawali dengan seleksi ditingkat regional Jateng-DIY pada akhir Nopember 2013 menempatkan Dewi pada peringkat pertama, sehingga mengantarkannya melaju ke tingkat nasional. Dari 17 peserta seleksi tingkat nasional cabang fisika, diambil enam peserta terbaik untuk presentasi makalah. Membawakan makalah dengan tema Biothermal, akhirnya mengantarkannya meraih Juara 2.

Prestasi yang ditorehkan oleh lulusan SMAN 1 Moga Pemalang ini, ternyata diawali dengan proses panjang. Di tahun 2012 pernah mengikuti olimpiade sains nasional Pemprov DIY, namun belum memperoleh hasil yang memuaskan. Tidak kapok sampai disitu, pada tahun 2013 dia menjajal kemampuannya lagi mengikuti Olimpiade Sains Nasional Pemprov DIY dan berhasil meraih peringkat 11. Hingga akhirnya, meraih prestasi seperti saat ini.

Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA) 2013 adalah suatu program kompetisi bagi mahasiswa yang memiliki potensi di bidang sains dan memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya.

OSN-PERTAMINA 2013 merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Bidang Pendidikan PT. Pertamina sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia. OSN-PERTAMINA 2013 memperlombakan dua kategori, yaitu Kategori Teori dan Kategori Proyek Sains, dimana pada tahun ini porsi Kategori Proyek Sains lebih diperluas dibandingkan dengan tahun sebelumnya.