Dosen FMIPA UNS Berhasil Kembangkan Teknologi E-Museum Sangiran

0
14

SANGIRAN D3 2017 1Dosen dan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang tergabung dalam Group Riset Multimedia  Progran Studi (Prodi) Diploma III Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) pada hari Kamis (9/3/2017), berkunjung ke Museum Sangiran. Maksud kedatangan rombongan adalah untuk menyampaikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Hal ini merupakan tindaklanjut dari Memorandum of  Understanding (MoU) yang telah ditandatangi antara pihak Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran dengan Fakultas MIPA UNS sebelumnya.

Kedatangan rombongan dari FMIPA UNS disambut baik oleh pihak BPSMP Sangiran yang diwakili oleh Bapak Puja Aprianto, staff bagian Pemanfaatan. Melalui Bapak Eko Harry Pratisto, S.T., M.Info.Tech. selaku Ketua Group Riset Multimedia, hasil penelitian tersebut diserahkan kepada BPSMP Sangiran. Hasil penelitian yang diberikan yaitu pengembangan aplikasi E-Museum Sangiran yang telah dikembangkan oleh Bapak Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng. yang dibantu mahasiswa Diploma III Teknik Informatika. E-Museum Sangiran dikembangkan dengan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

SANGIRAN D3 2017 2Aplikasi E-Museum Sangiran dengan teknologi Augmented Reality telah diimplementasikan pada Ruang Pamer 1 dan Ruang Pamer 2 Museum Sangiran Kluster Krikilan. Dengan aplikasi AR Museum Sangiran tersebut pengunjung dapat secara leluasa menggunakan smartphone mereka dalam memperoleh informasi pada objek pamer, karena objek pamer itulah yang dijadikan markerless dalam aplikasi AR Museum ini. Aplikasi ini bersifat interaktif karena AR memadukan antara objek real yaitu objek pamer museum dengan objek virtual. Fitur informasi yang disajikan dalam aplikasi ini adalah informasi virtual yang disajikan dalam teks, audio, dan objek 3D. Aplikasi AR Museum Sangiran ini hanya mendukung smartphone dengan sistem operasi (OS) android.

Aplikasi E-Museum dengan teknologi Virtual Reality (VR) dapat dinikmati ketika ingin mengeksplorasi Ruang Pamer 3 Museum Sangiran Kluster Krikilan. Dengan aplikasi VR Museum Sangiran masyarakat dapat melakukan eksplorasi objek pamer maupun landscape ruang secara virtual di Ruang Pamer 3 dengan bantuan kaca mata VRBOX dan Joystick Bluetooth. Informasi yang disampaikan dalam aplikasi ini adalah objek pamer dalam 3D dan informasi audio sebagai penjelasannya. Aplikasi ini dapat dinikmati melalui smartphone dengan OS android yang tersedia sensor gyroskop dan memori RAM 1 GB keatas.

Kegiatan diakhiri dengan tanda tangan berita acara serah terima hasil penelitian antar kedua belah pihak dan dilanjutkan foto bersama. Harapannya dengan hadirnya media interaktif tersebut pihak Museum Sangiran dapat menggunakannya untuk menyampaikan informasi secara inovatif kepada masyarakat dengan catatan tetap mencantumkan hak cipta dari si pengembang yaitu Group Riset Multimedia FMIPA Universitas Sebelas Maret. [Fendi A.P./ M2]