Fisika

Program Studi S2 Fisika, Program Pascasarjana (PPs) Universitas Sebelas Maret (UNS) telah disetujui berdirinya berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 2360/D/T/2008. Kegiatan akademik dimulai tahun ajaran 2009/20010.

Akibat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan telekomunikasi yang sangat pesat maka salah satu aspek pembangunan nasional Indonesia yang perlu diperhatikan adalah pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). Menyiasati tuntutan ini UUD 1945 hasil amandemen telah mengamanatkan kepada para penyelenggara Negara untuk menambah porsi anggaran pendidikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan sehingga bangsa Indonesia mampu berkiprah dalam perkembangan pengetahuan dan teknologi,. Khususnya mendapatkan pendidikan yang berkuaitas dan menghasilkan tenaga kerja siap pakai.

Program studi S2 Fisika, PPS UNS merupakan salah satu upaya nyata dilapangan untuk pengembangan kualitas SDM Indonesia yang dilandasi semangat UUD 19945, yang berorentasi pada hak dan kewajiban untuk mendapatkan pendidikan bagi semua Warga Negara Indonesia.

TUJUAN PENDIDIKAN

Visi

Mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam pengembangan ilmu-ilmu fisika dengan berorentasi pada hasil penelitian di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020

Misi

Melakukan sistem pembelajaran yang berorentasi pada pengembangan keilmuan fisika
Melakukan pengembangan keilmuan melalui penelitian yang bersifat aplikatif dan teoritis
Melakukan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pengembangan keilmuan yang bersifat terapan

Tujuan

Melakukan pembelajaran ilmu fisika sebagai ilmu dasar yang berorentasi pada pengembangan teknologi
Melakukan penelitian pada ilmu-ilmu fisika yang sedang berkembang pada masa kini
Melakukan pengabdian pada masyarakat sebagai wahana sosialisasi pengembangan ilmu fisika

Program S2 Fisika