Hardianti Deliana Rifqi, Ikut Pertukaran Pelajar ke Belanda

0
258

Delin FarmasiHardianti Deliana Rifqi, mahasiswa Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta terlihat sangat gembira. Pasalnya, dara yang akrab disapa Delin ini lolos mengikuti seleksi pertukaran pelajar ke Leiden University di Institut of Biology Leiden Belanda.

Selama 35 hari yaitu dari sejak 15 Juli hingga 19 Agustus, Delin berada di Belanda. Disana, Delin bersama dengan mahasiswa dari bebagai universitas di dunia yang terpilih dalam program tersebut mengikuti penelitian dengan dibimbing oleh dosen dari Leiden University. “Jadi selama lebih kurang satu bulan di sana saya melakukan riset. Dengan tema besarnya yaitu Metaboleisme Sekunder dan Endofid dalam Tumbuhan,” ujar Delin sebelum berangkat ke Belanda.

Melalui penelitian tersebut, perempuan kelahiran Pacitan, 18 Juni 1995 ini berharap setelah melakukan penelitian bisa dipresentasikan dan tentunya bisa dipublikasikan di jurnal internasional yang terindeks. “Saya berharap penelitian yang saya lakukan di Belanda ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat saya presentasikan . Kemudian saya berharap bisa dipublikasikan ke jurnal yang terindeks scopus, lalu bisa untuk tugas akhir dan tetunya bisa untuk menunjang cita-cita saya untuk studi lanjut ke S-2,” ujarDelin.

Untuk bisa terpilih dalam program pertukaran mahasiswa ini, tentunya butuh persipan sejak awal. Pasalnya terdapat beberapa persyaratan diantaranya yaitu Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Cumlaude dan bisa berbahasa Inggris secara aktif.

Dan tentunya itu semua harus dipersiapkan sejak awal masuk kuliah.

“Begitu ada kesempatan, saya mendaftar dengan melampirkan persyaratannya. Dan Alhamdulillah bisa lolos dan berangkat ke Belanda. Dan pihak Universitas juga sangat mendukung karena memang antara UNS dan Laiden University sudah melakukan kerjasama, “ kata Delin.

(sumber : Koran Sebelas Maret)