Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) FMIPA Mengadakan Biology Festival ‘An Amazing World Begin From Us’

0
993

fixhmbesaiJurusan Biologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS adalah sebuah jurusan dari cabang ilmu kealaman yang bergerak di bidang hayati. Jurusan ini juga ingin mewadahi minat dan bakat mahasiswa baik secara akademik maupun non-akademik.

Melihat kreativitas mahasiswa biologi dan juga hasilnya yang dapat dijadikan contoh bagi mahasiswa lain, sangat disayangkan apabila hasil-hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa, produk Kelompok Studi, serta hasil pemikiran yang dituangkan dalam bentuk karya essay tersebut hanya diketahui oleh masyarakat di lingkungan biologi FMIPA UNS itu sendiri. Dari itu muncul gagasan untuk membuat pameran yang secara umum dapat dilihat tidak hanya mahasiswa biologi sendiri tetapi juga masyarakat di lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oleh karena itu, HIMABIO sebagai Himpunan Mahasiswa Jurusan mengadakan suatu rangkaian acara yaitu Biology Festival (BioFest) yang kedua kalinya dengan tema “An Amazing World Begin From Us”.

Acara ini merupakan suatu rangkaian acara selama satu bulan pada bulan November 2013, dari rangkaian acara Ajang Olahraga, Fotografi, dan Essai (AORTA) dan Seminar Islam Biologi.
Untuk rangkaian acara pelaksanaan Biology Festival, yaitu:

SILABI yang akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 24 November 2013 Jam 08.00 – 12.00 WIB bertempat di Aula F Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS

AORTA dilaksanakan Hari Sabtu-Minggu, 2-3 dan 9-10 November 2013 bertempat di FMIPA dan lingkungan Universitas Sebelas Maret Surakarta

BIOFEST dilaksanakan Hari Sabtu, 30 November 2013 bertempat di Auditorium UNS Surakarta

Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan dengan maksud untuk memelihara kesehatan dan juga dilakukan sebagai kegiatan yang menghibur, menyenangkan atau juga dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi.Selain dalam bidang olahraga, kini bidang fotografi pun semakin menggelitik para mahasiswa. Dengan tidak meninggalkan keilmiahan dari acara ini, ajang lomba essay pun diadakan untuk meningkatkan kreativitas dari mahasiswa. Dalam acara Biology Festival juga diadakan bincang komunitas, bincang produk inovasi, dan seminar Islam biologi oleh beberapa pembicara yang berpengalaman. Melalui acara tersebut diharapkan para peserta dan mahasiswa dapat menambah wawasan dalam kajian Al-Qur’an tentang pernikahan dalam Islam serta terinspirasi menciptakan sebuah inovasi yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sehingga keindahan lingkungan bumi ini dapat selalu terjaga dan keindahan alamnya dapat dinikmati anak-cucu kita kelak.

Dengan diadakannya kegiatan Biology Festival diharapkan mampu mengembangkan minat mahasiswa di bidang olahraga, seni, keilmiahan serta hasil-hasil penelitian mahasiswa biologi, produk Kelompok Studi, dan program Kelompok Studi yang selaras dengan lingkungan dapat lebih dikenal oleh masyarakat dan dari situ nama dari jurusan biologi dapat lebih terangkat di Universitas Sebelas Maret Surakarta.