Subbagian Kemahasiswaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan penghargaan kepada Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) berupa Active Award. Penghargaan ini diberikan sebagai prestasi dan kontribusi HMP dalam rangka mendukung  slogan UNS Active. Sebagaimana diketahui bahwa saat ini UNS mengembangkan budaya kerja yang diarahkan sebagai tuntunan sikap dan perilaku seluruh sivitas akademika termasuk mahasiswa. Dengan demikian, budaya kerja tidak sekedar menjadi slogan tetapi diharapkan dapat menjadi jiwa dan semangat kerja dalam upaya mewujudkan visi dan misi UNS.

Pemberian penghargaan yang dikemas dengan tema Harmoni dalam Prestasi, diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa pada hari Sabtu (2/3/2019) bertempat di Aula Gedung C FMIPA dihadiri oleh pengurus HMP di lingkungan FMIPA. Saat ini ada sepuluh HMP yang terdiri dari delapan Prodi Sarjana dan dua Prodi Diploma.

Pengurus HIMABIO, HIMASTA dan HIMAFIS bekesempatan foto bersama Dekan FMIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan (berpeci) dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Sugiyarto (paling kiri)

Setelah dilakukan penilaian kinerja pengurus dan organisasi selama satu periode kerja tahun 2018 berdasarkan kriteria yang dibuat oleh tim juri, akhirnya diperoleh juara untuk masing-masing kategori. Untuk kategori Achievement Orientation dimenangkan oleh HIMAFIS (Himpunan Mahasiswa Fiska), Customer Satisfaction tampil sebagai pemenang adalah HIMASTA (Himpunan Mahasiswa Statistika). Sementara untuk kategori Team Work dan Integrity masing-masing dimenangkan oleh HIMABIO (Himpunan Mahasiswa Biologi) dan HIMASTA. Sedangkan untuk kategori Visionary dan Entrepreneurship dimenangkan oleh HIMABIO. Dengan demikian maka keluar sebagai juara umum adalah HIMABIO dengan memenangkan tiga kategori yaitu Team Work, Visionary dan Entrepreneurship.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan apresiasi dan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional. Diharapkan dengan penghargaan dan apresiasi yang diberikan menambah semangat mahasiswa untuk lebih berpresatsi dan bisa menjadi penyemangat bagi mahasiwa lain.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons)., Ph.D berpesan kepada para mahasiswa yang berprestasi untuk menggunakan kesempatan sebaik mungkin waktu yang ada.

“Gunakan kesempatan yang ada untuk berprestasi sebaik mungkin, baik bidang akademik maupun aktif di organisasi seperti himpunan prodi dan unit kegiatan mahasiswa yang lain,” ujarnya.

Prof. Ari juga mengatakan berpacu dan bersainglah dalam kebaikan untuk kemajuan prodi, fakultas, univesitas bahkan bangsa dan negara. Kita harus mempersiapkan diri menjadi generasi penerus yang berkualitas untuk kemajuan institusi, setiap hari harus ada perbaikan dan perbaikan. [Mnr/MIPA]