Ratusan mahasiswa dari berbagai program studi dan fakultas di lingkungan Universitas Sebelas Maret memadati Aula Gedung C FMIPA mengikuti Roadshow Gerakan Nasional 1000 Starup Digital.Kegiatan yang diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ini dilaksanakan pada hari Rabu, 27 Maret 2019.

Acara yang dibuka oleh Dekan FMPA UNS, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons), PhD menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam bidangnya, diantaranya adalah Sebastian Alex Dharmawangsa selaku Head of Program Innovative Academy Gerakan 1000 starup digital.

Dekan FMIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc (Hons) Ph.D memberikan sambutan dihadapan peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Aula Gedung C FMIPA pada hari Rabu (27/3/2019).

Dalam sambutannya Prof. Ari berharap dari kegiatan ini mahasiswa termotivasi untuk membuat atau membangun startup digital  mulai dari sekarang. Saat menjadi mahasiswa, sehingga kelak ketika lulus sudah bisa mengembangkannya demi masa depan ekonomi Indonesia.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR, sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota.

Dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa semakin tergugah untuk membuat startup digital. Pasalnya menurut Sebastian, penduduk Indonesia yang saat ini sekitar 261 Juta justru terdapat 371 mobile connection, inia rtinya ada 141% penduduk Indonesia yang saling terkoneksi dan memiliki potensi pasar besar untuk dikembangkan.

Gerakan ini diharapkan akan melahirkan entrepreneur baru yang akan menjadi awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia. Karena Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini adalah milik bersama, dan semua pihak dapat berkontribusi dalam program ini. [Mnr/MIPA]