Berkat Ipomotea Teh Daun Ubi Jalar, Antarkan Sonia dkk Menjadi Juara Nasional di Makassar

0
232

Tiga Mahasiswa Program Studi Farmasi FMIPA UNS berhasil menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional di Makassar. Mereka adalah, Elis Nur Afifah, Retno Ari Ermawati dan Sonia Karunia Ningrum. Ketiganya merupakan mahasiswa D3 Farmasi angkatan 2016 dan 2017.

LKTI  yang diadakan di Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Kebangsaan Makassar pada tanggal 20-23 Maret 2019 diikuti oleh berbagai mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Karya Ilmiah dengan mengangkat tema “Teh Antidiabetik Daun Ubi Jalar Solusi Penyakit Sindrom Metabolik”, mengantarkan Sonia dan kawan-kawan berhasil meraih Juara III.

Diabetes merupakan salah satu penyakit sindrom metabolik yang sering terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh faktor keturunan atau gaya hidup. Diabetes dengan komplikasi merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia.

Menurut Sonia, tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah mengenalkan produk teh dari daun ubi jalar ungu yang memiliki khasiat antidiabetik. Secara fitokimia daun ubi jalar ungu mengandung senyawa flavonoid terutama antosianin, fenolik, dan terpenoid yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Masih menurut Sonia, daun ubi jalar ungu dapat diolah menjadi sediaan teh dengan berat 50g/bungkus teh celup yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah pada penderita penyakit sindrom metabolik diabetes. Mereka menyebutnya Ipomotea, sediaan teh antidiabetik dari daun ubi jalar. Konsep Ipomotea merupakan olahan daun ubi jalar ungu berbentuk sediaan teh hijau kemasan ce

“Pemilihan sediaan berbentuk teh celup dipengaruhi pula pada kegemaran masyarakat meminum teh sehingga sediaan teh merupakan pilihan yang tepat”, pungkasnyaa.     [Mnr/MIPA]