Mahasiswa FMIPA Tampil Sebagai Juara pada Jambore Statistika di Mulawarman

0
116

Mahasiswa Program Studi Statistika dan D3 Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil tampil sebagai juara pertama pada Lomba Essay Nasional Tingkat Mahasiswa Jambore Statistika VIII.

Jambore Statistika VIII yang diselenggarakan di Fakultas MIPA Universitas Mulawarman merupakan acara tahunan Mahasiswa Program Studi Statistika, Jurusan Matematika. Acara ini berupa kegiatan lomba dan workshop yang berbasis pendidikan dan dikemas secara unik dan kreatif untuk mewadahi segala ide, kreasi dan inovasi mahasiswa dalam bidang Statistika.

Setelah melalui babak penyisihan, tim dari FMIPA UNS yang terdiri dari Husna Afanyn Khoirunissa (S1 Statistika 2017) dan Rahmawati (D3 Farmasi 2017) lolos ke babak final yang dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2019. Adapun tema yang dibawakan oleh kedua mahasiswa tersebut adalah Sistem Kontrol PDAM Surakarta Bebasis Internet of Things dan Artificial Intellegence Sebagai Implementasi Teknologi dalam Menghadapi Tantangan Industry 4.0.

Tema ini diambil karena dilatarbelakangi oleh kondisi PDAM Surakarta yang mengalami krisi air bersih karena tercemar limbah industri. Sehingga kriteria air bersih dengan kondisi riil air PDAM ada beberapa idikator yang tidak terpenuhi, diantaranya keruh, berwarna kuning kecoklatan dan berbau kurang sedap.

Diharapkan, dengan ide yang di munculkan berbasis teknologi Wireless Sensosr Network ini akan memudahkan dalam menentukan sumber air. Dengan menggunakan Fuzzy Method akan dibangun sistem kendali otomatis dan pembuat keputusan mengalirkan air PDAM kepada konsumen.

Dari proses seleksi yang dilakukan oleh dewan juri, akhirnya tim dari UNS meraih juara pertama disusul tim dari UGM dan ITS Surabaya setelah menyisihkan 17 tim delegasi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan lomba essay dengan tema: The Role of Young Generation to Create Generation in Era of Industrial Revolution 4.0. Lomba dilakukan oleh setiap tim secara online  dengan mengirimkan naskah essay kepada penyelenggara. [Mnr/MIPA]