Intan Nur Azizah Juara 3 Lomba Tingkat Nasional Kategori Game Edukasi

0
197

Mahasiswa D3 Tekni Informatika Intan Nur Azizah Juara 3 Lomba Tingkat Nasional Kategori Game Edukasi Dalam Rangka UNYFest GAME “TWO DIS” UNTUK TERAPI MEMBACA BAGI ANAK DISLEKSIA DAN DISKALKULIA BERBASIS ANDROID. 

Game Two Dis sebagai terapi untuk anak yang mengalami gangguan dalam kesulitan membaca dan anak yang mengalami gangguan dalam kesulitan berhitung dengan tujuan memberikan media baru untuk terapi bagi anak yang mengalami gangguan tersebut. Tahap – tahap dari terapi yang akan diberikan pada game Two Dis ini adalah anak diajak untuk mengenal huruf dan angka serta dapat membedakannya juga. Kemudian anak diajak untuk menghafalkan huruf dan angka tertentu yang menurut mereka sulit untuk dihafalkan. Dan yang terakhir anak diajak untuk menjawab pertanyaan dan menghitung dengan soal matematika dasar.

Dalam pengembangkan game “Two Dis” dilakukan dengan menganalisa terhadap anak disleksia dan diskalkulia kemudian mencari konsep game yang cocok bagi anak disleksia dan diskalkulia. Game dibuat dengan unity3d yang difokuskan untuk bisa dijalankan pada perangkat andorid. Diharapkan Game “Two Dis” yang dapat menjadi salah satu media terapi dan media pembelajaran baru bagi anak disleksia dan diskalkulia dengan metode bermain game.

d3ti.mipa.uns.ac.id