Jaring Inovasi Digital, Annual Competition IWIC 10 Kunjungi UNS

0
137

IWIC (Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest) 10 kunjungi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Kamis (22/09/2016). Bertempat di Aula Gedung B Fakultas MIPA UNS, IWIC 10 merupakan annual competitionyang tahun ini mengangkat tema inovasi digital. IWIC 10 diselenggarakan dalam rangka mencari aplikasimobile yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Dalam road shownya di Kota Surakarta, IWIC 10 menghadirkan talk show bersama dengan startup-startup yang ada di Indonesia dan pemenang IWIC enam kali berturut-turut. Mereka adalah Tety Sianipar (CTO kerjabilitas.com), Adrianus Yoza Aprilio (CIO Dicoding), dan Sandy Colondan (pemenang IWIC selama enam kali berturut-turut).

Dibuka dengan sambutan oleh Dekan FMIPA yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum Dan Keuangan Pangadi, pembicara talkshow IWIC tersebut sebagaian besar menjelaskan tentang bagaimana cara mendapatkan ide untuk berinovasi dalam teknologi. Tety Sianipar salah satunya. CTO dari jejaring social karir disabilitas ini menjelaskan untuk bekerja tidak hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki fisik yang sempurna saja. Teknologi yang ada bukanlah penghambat seorang yang disabilitas untuk dapat meniti karirnya. Melalui jejaring social kerjabilitas.com, Tety berupaya untuk dapat membantu para disabilitas mendapatkan kehidupan yang lebih layak. “Disabilitas itu bukanlah suatu kekurangan, tapi ia adalah suatu keberagaman yang harusnya juga mendapat hak yang sama,”ujar Tety pada road show IWIC 10 di UNS Surakarta.

iwic-10Selain Tety, hadir pula Adrianus Yoza Aprilio yang menerangkan tentang pentingnya berinovasi dalam teknologi. CIO dari Dicoding tersebut mengatakan dengan teknologi orang dapat menjadi kaya dari segi finansial. “Zaman sekarang, orang bisa kaya dengan teknologi. Di antaranya yaitu Chairul Tanjung yang memiliki Trans Corp. Ada juga orang Indonesia yang memiliki saham BBM,”tukas Adrianus dalam gelaran roadshow IWIC 10.

Menurut Adrianus, inovasi berteknologi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Di antaranya yaitu menemukan visi, tim yang solid, dan masalah yang akan diselesaikan. Senada dengan Adrianus, Sandy Colondan menegaskan ide atau masalah merupakan hal pokok yang harus ditemukan untuk dapat memulai suatu inovasi. “Cari ide sebanyak-banyaknya, nggak perlu unik tapi yang penting bermanfaat,” jelas Sandy. Dalam kesempatan tersebut, Sandy juga membagikan tips-triknya untuk dapat lolos dalam gelaran akbar IWIC 10.[m2] uns.ac.id