Kimia

A. Pendahuluan
Jurusan Kimia Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) Surakarta merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran jenjang program Sarjana (S1) yang bertumpu pada Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 1989 pasal 38 (1), pasal 39 ayat (1) (2) dan pasal 13 ayat (1) serta Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990. Jurusan Kimia FMIPA UNS melalui Program Studi Kimia turut memikul tanggung jawab dalam pembudayaan ilmu Kimia di Indonesia serta mengemban fungsi dan tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus di bidang Kimia yang diharapkan mampu berperan aktif dalam berbagai bidang kegiatan.

Jurusan Kimia FMIPA UNS bertujuan untuk menghasilkan Sarjana Kimia yang memiliki :
1. Jiwa, semangat, dan integritas kepribadian nasional yang tinggi.
2. Sifat terbuka dan tanggap baik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi maupun masalah yang timbul dalam masyarakat yang berkaitan dengan keahliannya.
3. Kemampuan dan kemauan untuk menerapkan keahlian yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat.
4. Kemampuan mandiri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mau mengembangkan diri.

B. VISI DAN MISI
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Jurusan Kimia FMIPA UNS mempunyai visi, yaitu :
“Menjadi lembaga yang menyiapkan tenaga terdidik di bidang Kimia yang mampu bersaing pada tingkat Nasional maupun Internasional dan menghasilkan produk penelitian Ilmu Kimia yang berguna bagi pengembangan iptek dan pembangunan nasional khususnya pengembangan potensi wilayah Surakarta dan sekitarnya”

Sedangkan misi yang diemban oleh Jurusan Kimia yaitu :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan dengan kemampuan akademik bertaraf Nasional dan Internasional dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu kimia
2. Menyelenggarakan penelitian ilmu kimia yang berkualitas untuk mendukung Pembangunan Nasional
3. Mendeseminasikan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat
4. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran ilmu kimia di dalam pengembangan potensi wilayah Surakarta dan sekitarnya.

website : http://kimia.mipa.uns.ac.id