Kuliah Tamu Internasional bersama Prof. Wolfgang Nellen dari Kassel University Gemany

0
285

DSC_0100Prodi Biologi FMIPA  bekerjasama dengan prodi Biosains Pascasarjana Universitas Negeri Sebelas Maret menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Dr. rer. nat. Wolfgang Nellen dari Kassel University Germany pada hari Kamis, 18 Pebruari 2016 di Ruang  Aula Gedung B FMIPA . Kuliah Umum mengambil tema,  Epigenetics : The Other Code.

Dr. rer. nat. Wolfgang Nellen adalah guru besar genetika dari Universitas Kassel Jerman. Secara singkat, epigenetics adalah suatu studi tentang mekanisme membuat gen-gen tertentu aktif (on) dan tidak aktif (off).

Ilmu ini mempelajari perubahan yang terjadi dalam ekspresi gen karena factor lingkungan seperti diet atau stress. Epigenetic mencakup semua aspek lingkungan memilki konsekuensi biologis dan yang menandai DNA melalui erubahan kecil dalam kelompok kimia, seperti metilasi atau demethylation nukleutida tanpa mempengaruhi urutan untuk nukleotida itu sendiri. Perubahan ini terjadi bahkan sebelum kelahiran, yaitu kondisi rahim ibu mungkin melibatkan perubahan epigenetic yang akan berlangsung sepanjang hidup dan bahkan generasi akan memindahkan.

Dengan kata lain, bagaimana kesehatan dan penampilan kita di masa yang akan datang dapat kita tentukan tidak peduli bagaimana Genetika (keturunan) kita. Jika kita memiliki orangtua yang menderita penyakit tertentu seperti kanker atau apapun itu, kita tidak harus mengidap penyakit tersebut suatu hari. Atau jika kita terlahir dalam keluarga yang punya masalah obesitas, kita bisa memilih untuk menjadi langsing, tentunya dengan merubah Ekspresi Genetika kita.

Dari kuliah umum ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi mahasiswa dan civitas akademika Fakultas MIPA Universitas Negeri Sebelas Maret, sehingga menambah motivasi mahasiswa untuk mempelajari lebih dalam ilmu genetika. Demikian disampaikan oleh Dr. Ratna Setyaningsih (Kaprodi Biologi) dalam sambutannya.