Mengobati dan Mengendalikan Diabetes Melitus dengan Piring Sehat

0
74
Prof.Dr. Muchsin Doewes, dr.,SU,AIFO,MARS (pakar ilmu kedokteran olahraga) sebagai pembicara pada Seminar Nasional Farmasi di Hotel Sahid Jaya Surakarta Sabtu (1/9/2018)

Pentingnya menjaga pola hidup sehat terutama bagi penderita Diabetes Melitus (DM) menjadi perhatian kita bersama. Untuk itu Program Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional terkait dengan pengobatan dan pengendalian DM.

Seminar yang diselenggarakan pada hari Sabtu (1/9/2018) di Pedan Ballroom Hotel Sahid Jaya Surakarta diikuti oleh 350 peserta dari berbagai instansi mulai rumah sakit, apotek maupun perguruan tinggi.

Peserta mendapat pengetahuan tentang bagaimana memperlakukan atau mengendalikan penyakit DM ini. Karena penyakit DM ini sebenarnya bisa dikendalikan yaitu dengan cara mengatur pola makan dan gerak atau olah raga. Hal ini disampaiakn oleh salah satu pembicara yaitu Prof.Dr. Muchsin Doewes, dr.,SU,AIFO,MARS (pakar ilmu kedokteran olahraga) dari UNS.

Oleh karena itu, menurut Muchsin, meskipun sudah usia lanjut tetap dianjurkan untuk berolah raga yang ringan semisal jalan, berenang atau bersepeda. Karena olah raga yang teratur dan diimbangi pola makan yang sehat bisa mengendalikan penyakit DM.

Senada dengan Muchsin, dr. Hemi Sinorita, S.PD (K) dari RSP dr. Sardjito Yoyakarta  juga menganjurkan kepada peserta yang kebanyakan kaum perempuan itu untuk rajin menggerakkan badan semisal dengan menyapu, mencuci maupun aktifitas fisik lainnya. Karena aktifitas fisik yang dilakukan bisa membakar kalori dalam tubuh. Hemi juga mengatakan bagi penderita DM sebelum dilakuakan tindakan pemberian obat diawali dengan pengelolaan gaya hidup, berupa pola makan dan olah raga.

Maka Hemi menganjurkan kepada penderita DM dan masyarakat untuk bisa makan dengan piring sehat. Yang dimaksud dengan piring sehat adalah, dalam satu piring hanya sedikit kabohidrat (nasi) dan diperbanyak sayurnya.

Tujuan dari semnar ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengobati dan mengendalikan penyakit Diabetes Melitus. [MnR/mipa]