Mengoptimalkan Sumber Daya Hayati Dan Lingkungan Hidup Dengan Bioteknologi

0
9

biodiversitas-semnasKeanekaragaman hayati merupakan komponen utama dalam keseimbangan ekosistem dan pendukung keberlangsungan hidup manusia. Dalam rangka mendukung kesinambungan ketersediaan sumber daya hayati dan kualitas lingkungan yang baik Program Studi Biologi FMIPA Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Kelompok Studi Biodiversitas dan Masyarakat Biodiversitas Indonesia menyelenggarakan Seminar Nasional Biodiversitas. Seminar yang diselenggarakan pada hari Jumat, 4 Nopember 2016 di Hotel Lor In menampilkan tiga orang pembicara yang berkompeten dibidangnya.

Dengan mengambil tema Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Melalui Penerapan Bioteknologi menghadirkan tiga orang pembicara, masing-masing adalah Prof. Dr. Ir. Antonius Suwanto, M.Sc., (Guru Besar Genetika Mikroba Institut Pertanian Bogor); Dr. Ir. Dewi Ayu Utari (Kepala Balai Besar Konservsi Sumber Daya Alam Jawa Timur) dan Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si (Guru Besar Biolog Konservasi Universitas Sebelas Maret).

Adapun tujuan seminar ini sebagaimana disampaikan oleh Dr. Shanti Listyawati selaku panitia adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian tentang pentingnya pengelolaan sumber daya hayati dan lingkungan hidup melalui penerapan bioteknologi.

“Disamping itu juga tidak kalah pentingnya adalah untuk mengembangkan kemampuan menentukan kebijakan yang tepat dalam pembangunan nasional agar tetap memperhatikan aspek kelestarian sumber daya hayati dan lingkungan hidup” demikian tambah Shanti.

Sebagaimana diketahui bahwa masih banyak permasalahan yang belum dapat diatasi secara menyeluruh, seperti masih rendahnya pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.
Indonesia merupakan negara yang berpotensi untuk pengembangan bioteknologi. Dengan berkembangnya bioteknologi, upaya pengelolahan sumber daya hayati dan lingkungan hidup diharapkan lebih leluasa dan optimal terutama untuk kepentingan komersial demi tercapainya pembangunan nasional.
[M2]