Meski Bersaing dengan Perguruan Tinggi Ternama, Tidak Minder untuk Meraih Juara

0
407
Refdamas Dwiaji Wisnumurti dan Akbar Maulana berhasil menjadi juara pada ajang Jambore Statistika VII tahun 2018

Mahasiswa Statistika FMIPA UNS, Refdamas Dwiaji Wisnumurti dan Akbar Maulana berhasil menjadi juara pada ajang Jambore Statistika VII tahun 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 23-25 Maret 2018 di Universitas Mulawarman Samarinda Kalimantan Timur.

Refdamas Dwiaji Wisnumurti dan Akbar Maulana (Mahasiswa Statistika FMIPA UNS) berhasil menjadi juara pada ajang Jambore Statistika VII, 23-25 Maret 2018 di Universitas Mulawarman Samarinda

Tidak minder dan tetap semangat meski bersaing dengan perguruan tinggi besar. Tim dari FMIPA UNS berhasil meraih Juara III dibawah Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) dan Insitut Pertanian Bogor (IPB). Dua perguruan tinggi yang terakhir disebut adalah kampium di bidang Statistik.

Lomba dalam rangkaian Pekan Analisis Statistika Tingkat Nasional ini diikuti oleh 80 peserta/tim dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Pada babak final terjaring 15 peserta/tim terbaik untuk mempresentasikan hasil analisis yang sudah dilakukan.

Adapun yang dianalisis oleh Tim Statistika FMIPA UNS adalah ramalan nilai ekspor komoditi migas dan non-migas di provinsi Kalimantan Timur dengan menggunakan Auto Regressive Integrated Moving Average (ARIMA).

Menurut Refdamas, tim disuruh mencari ramalan terbaik ramalan di atas, maka model yang fleksibel dan cocok untuk meramalkan dalam jangka waktu pendek dan menengah adalah ARIMA. Karena dengan data yang jumlah datanya minim dan mengandung trend maka sudah terpenuhi untuk dilakukan suatu peramalan menggunakan ARIMA. [Mnr]