Pelantikan Dekan Periode 2015 – 2019

0
675

pelantikan dekan
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi melantik 10 dekan terpilih di Ruang Sidang IV Gedung Pusat dr. Prakosa, Senin (11/5/2015). Dimulai pukul 10.00 WIB, pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor UNS, dekan dan wakil dekan periode 2011-2015, kepala biro, dan suami/istri dekan terpilih. Para dekan yang sebelumnya dipilih pada Kamis (7/5/2015) ini nantinya akan membantu kinerja Rektor UNS selama 4 tahun ke depan.

Pagi itu, sepuluh dekan terpilih berbaris satu saf, termasuk didalamnya adalah Dekan FMIPA terpilih, Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc., Ph.D menunggu untuk diambil sumpah di bawah kitab suci. “Bismillahirrahmanirrahim, atas nama pemerintah Republik Indonesia, dengan ini saudara-saudara saya minta mengucapkan lafal sumpah, apakah saudara-saudara bersedia?” tanya Ravik. “Bersedia,” begitulah jawab sepuluh orang itu kompak. Para dekan mengucapkan lafal sumpah setelah rektor membacakannya terlebih dahulu.

Selebihnya, prosesi pelantikan berjalan dengan lancar, tenang, dan hikmat. Usai pelantikan, penandatanganan naskah berita acara sumpah jabatan dan penandatangan naskah serah terima jabatan dilakukan.
Ravik berpidato usai melantik sepuluh orang tersebut. Dia mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh dekan periode 2011-2015 dari tiap-tiap fakultas. “Kami ucapkan terima kasih. Empat tahun waktu bapak dan ibu telah digadaikan untuk UNS dan fakultas. Ini luar biasa,” ucap Ravik.

Kepada semua dekan yang dilantik, Ravik menegaskan bahwa tugas pejabat kampus sangat berbeda dengan tugas pejabat lain. Bahwa terkait tri darma perguruan tinggi, pejabat kampus harus mengelola tri darma tersebut dengan sebaik-baiknya. Tak lupa, koordinasi dan konsultasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan visi UNS juga disoroti oleh Ravik. Ini merupakan langkah penting untuk meyukseskan visi UNS menjadi World Class University pada 2030.

Sampai saat ini, dari 10 fakultas, baru fakultas pimpinan Ari Handono Ramelan (FMIPA) yang hasil jurnalnya telah terindeks Scopus. Ravik mendorong seluruh dekan untuk berkerja keras dan meniru langkah Ari tersebut agar mendapatkan hasil yang baik.

Di akhir pidatonya, Ravik mengucapkan selamat kepada dekan yang sudah dilantik dan berharap bisa bekerja sama dengannya untuk bisa memajukan institusi yang ia pimpin.[] (dodo.uns.ac.id)