Prodi Kimia dan HIMAMIA UNS Selenggarakan 1st Symposium On Bioconversion 2017

0
26

 

Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret (FMIPA UNS) dan Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Sebelas Maret (HIMAMIA UNS) akan menggelar 1st Symposium on Bioconversion dengan tema “Biokonversi Sumber Daya Alam Nabati untuk Menopang Kemandirian Bangsa” pada Kamis-Jumat, 24-25 Agustus 2017 pukul 08.00-17.00 WIB di Aula Gedung C FMIPA UNS.

Simposium nasional ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan agenda kegiatan yang berbeda: Kamis, 24 Agustus 2017 untuk simposium dan poster dan Jumat, 25 Agustus 2017 untuk workshop reaktor mengenai Reaktor Batch dan Pengukuran Index setana dari Minyak Diesel.

Pembicara yang akan dihadirkan sebagai keynote speaker adalah perwakilan dari Kementerian ESDM, yang saat ini sedang dalam tahap konfirmasi, begitu juga dengan perwakilan dari PERTAMINA (Gas, Energi Baru dan Terbarukan), yang akan dihadirkan sebagai plenary speaker bersama dengan Prof. Dr. Selahattin YILMAZ (Izmir Institute of Technology, Izmir, Turkey), dan Prof. Ir. Arief Budiman MS.,  D.Eng. (Teknik Kimia UGM). Sementara invited speaker yang akan dihadirkan dalam simposium antara lain Dr. Eng. Yessi Permana (Kimia ITB), Dr. rer.nat. Wirawan Ciptonugroho  (TU Dortmund, Teknik Kimia UNS), Dr. rer.nat. Witri Wahyu Lestari (Kimia UNS), Dr. Khoirina Dwi Nugrahaningtyas (Kimia UNS), dan Dr. Bambang Heru Susanto, ST, MT (Teknik Kimia UI).

Adapun subtopik untuk penulisan paper yaitu (1) Sintesis/ modifikasi  material maju untuk menunjang konversi bahan bakar maupun proses produksi bahan kimia yang ramah lingkungan, (2) Material maju berbasis bahan alam terbarukan, (3) Diversivikasi produk industri berbasis sumber daya alam nabati, (4) Biomassa, biofuels, dan bioderived chemicals, (5) Rancang bangun alat atau reaktor untuk menunjang konversi sumber daya alam nabati, dan (6) Biorefinary.

Terkait pendaftaran, tenggat waktu bagi peserta pendengar akan dibuka hingga 10 Agustus 2017, sedangkan penyerahan dan pendaftaran abstrak akan diperpanjang sampai 31 Juli 2017.

Peserta dapat mendaftar secara online melalui http://bit.ly/PendaftaranPesertaPosterSIMNASKIMIAUNS2017 dan http://bit.ly/PendaftaranPesertaPendengarSIMNASKIMIAUNS2017dengan tata cara yang tertera pada simnaskimia.uns.ac.id/index.php/registrasi atau http://bit.ly/TataCaraPendaftaranSIMPOSIUMNASIONALKIMIA.

Abstrak yang masuk akan diseleksi dan artikel terpilih akan dimuat di Jurnal Alchemy (terakreditasi nasional B (jurnal.uns.ac.id/alchemy) atau Prosiding terbitan UNS ber-ISSN (jurnal.uns.ac.id/pcc) (dengan biaya publikasi terpisah).

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Web: simnaskimia.uns.ac.id, Instagram: @simposiumkimiauns, Twitter: @simnaskimiaUNS, Email: simposiumkimia@mipa.uns.ac.id atau dengan menghubungi Fauzan (+62 857-2968-5721) dan Nelly (+62 858-2634-3214)