Raih Juara Lomba Tulis Karya PLN Berkat Inovasi Penyimpan Energi Listrik

0
25

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Penetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Yudha Pratama, dari Program Studi (Prodi) Kimia berhasil meraih juara pada Lomba Tulis Karya Ilmiah (LTKI) yang diselenggarakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dengan karya tulis ilmiah berjudul SUKA MAMO-867, Superkapasitor berbasis Material MOF-867 sebagai Inovasi Penyimpan Energi Listrik mengantarkan Yudha dan timnya meraih juara harapan 3.

Ide dari karya ilmiahnya muncul ketika Yudha mengikuti perkuliahan saat dijelaskan tentang manfaat dari aplikasi metal-organic framework (MOF) sebagai penyimpan energi. Dari sinilah kemudian dia berfikir untuk mengangkat tema superkapasitor karena kelebihan superkapasitor yang ramah lingkungan dan lebih tahan lama dibandingkan baterai.

Seperti diketahui bahwa superkapasitor merupakan teknologi baru yang dikembangkan dari kapasitor konvensional yang dikembangkan untuk penyimpan energi yang modern. Superkapasitor merupakan terobosan baru di dunia piranti penyimpan energi yang memiliki rapat daya yang besar, kapasitas penyimpanan muatan yang sangat besar, proses pengisian-pengosongan muatan yang cepat dan tahan lama jika dibandingkan dengan kapasitor biasa/konvensional.

Yudha berharap bahwa idenya ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

“Saya ingin penelitian ini dilanjutkan, sehingga menghasilkan karya nyata,” ujarnya.

LTKI PLN yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan PLN adalah lomba yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang masih katif dengan tujuan untuk menggugah semangat ilmiah mahasiswa. Lolos maju babak final sebanyak enam peserta setelah menyisihkan 512 karya ilmiah. Final LTKI diselenggarakan selama tiga hari Selasa-Rabu (26-27/9/2017) di Kantor Puslitbang PLN Duren Tiga, Jakarta. [M2]