Sistem Pengelolaan

Perencanaan Strategis

Sistem pengelolaan (manajemen) yang dilakukan di FMIPA UNS mengacu pada beberapa hal yakni: 1) Tujuan Pendidikan Nasional; 2) Kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan; 3) Kepentingan masyarakat dan memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi, hak asasi manusia dan pelestarian lingkungan.; 4) Master Plan Pembangunan Solo sekitarnya Berbasis Daerah Aliran Sungai dijadikan keunggulan UNS dalam pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi guna mencapai Visi Universitas Sebelas Maret 2015.

Dengan mengacu kepada empat hal tersebut diatas, UNS mengawali langkah penyusunan evaluasi diri, untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan internal dan eksternal. Dari evaluasi diri selanjutnya disusun rencana strategis jangka panjang (5-10 tahun). Renstra UNS disusun bersama dengan metode bottom up, hal ini dilakukan agar seluruh sivitas akademika merasa terlibat dan dilibatkan dalam merancang UNS ke depan. Renstra yang disusun disosialisasikan secara rutin oleh pimpinan universtas melalui berbagai pertemuan formal dan nonformal serta melalui media cetak dan elektronik. Masing-masing fakultas dan unit selanjutnya menyusun Renstra dengan mengacu kepada Renstra UNS sebagai payungnya. Dengan mekanisme ini, harapan terwujudnya satu visi yaitu menjadi universitas berbasis riset dapat segera diwujudkan.

Pembagian Tugas dan Wewenang

Sistem pengelolaan sumberdaya manusia di FMIPA UNS dimulai dengan menyusun rancangan dan analisis jabatan, uraian tugas, prosedur kerja, program peningkatan manajemen pengelolaan yang menuntun unit-unit kerja berjalan sesuai dengan fungsi masing-masing secara efisien dan efektif mulai dari fakultas, jurusan dan program studi. Disamping memberikan tugas, diberikan wewenang kepada setiap unit untuk mengelola sesuai standar fungsi masing-masing unit kerja.

Dalam mendukung terlaksananya kinerja yang baik dari masing-masing jurusan/program studi, fakultas menyediakan fasilitas, antara lain perpustakaan, lab komputer dan IT, kebun/lahan praktek, laboratorium riset dan praktikum, fasilitas olahraga seperti lapangan basket, futsal, volley ball. Selain itu, di lingkungan FMIPA UNS juga tersedia fasilitas kafetaria, Fotokopi, warung yang menyediakan berbagai keperluan ATK yang umumnya dikelola swasta dan koperasi. Sedangkan ATM, Warung Telefon dan Kantor Pos terdapat di lingkungan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan

Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh Tim Monevin UNS terhadap setiap unit kerja dengan kriteria dan instrumen penilaian berbasis kompetensi untuk mengukur kinerja unit proses pembelajaran, mengevaluasi program hibah kompetisi yang dilaksanakan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ditingkat fakultas dan jurusan telah dilakukan pengelolaan yang terintegrasi dengan baik yang dapat menjadi gambaran bahwa sistem pengelolaan program studi telah dilaksanakan dengan baik. Program Studi di FMIPA UNS telah terakreditasi B, sedangkan untuk D3 Ilmu Komputer akan mengajukan akreditasi.

Rancangan Pengembangan

Dalam rangka menuju pengembangan FMIPA UNS dalam berbagai bidang ke depan, FMIPA melakukan perubahan strategi 2008-2012. FMIPA melakukan pengembangan secara fisik maupun keilmuan. Secara fisik FMIPA membangun berbagai fasilitas terbaru, seperti gedung B, pembangunan sarana PBM dan berbagai fasilitas fisik lainnya. Sedangkan secara keilmuan di FMIPA berkembang pusat kajian/kelompok bidang keilmuan yang berfokus pada keunggulan lokal dan mengacu kepada visi dan misi UNS. Dalam mendukung pengembangan pengelolaan program agar dapat berjalan secara berkesinambungan dan terintegrasi ke depan, dilakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Kerjasama yang telah dilakukan menyangkut pada pengajaran dan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diantaranya kerjasama dengan Batan, ITB, Majalah Orbit, Kementrian Ristek RI, TWAS, Direktorat Dikmenum dan Pemerintah Daerah.