Siswa SMA N 1 Kota Mungkid Magelang Berkunjung ke Fakultas MIPA

0
68
Prof. Sugiyarto memberikan sambutan pada acara kunjungan SMA N 1 Kota Mungkid
Prof. Sugiyarto memberikan sambutan pada acara kunjungan SMA N 1 Kota Mungkid
Prof. Sugiyarto memberikan sambutan pada acara kunjungan SMA N 1 Kota Mungkid

Fakultas MIPA UNS pada hari Senin, 4 April 2016 menerima rombongan dari SMA N 1 Kota Mungkid Magelang. Rombongan berjumlah 132 orang terdiri dari murid kelas XI program IPA dan beberapa orang guru pendamping. Rombongan diterima oleh Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan alumni Prof. Sugiyarto, M.Si di aula gedung B FMIPA .

Dalam sambutannya, rombongan dari SMA N 1 Mungkid yang diwakili oleh Drs. Fajar Rahino, M.M mewakili Kepala Sekolah Drs. Asep Sukendar, M.Pd mengatakan, dengan kunjungan ke perguruan tinggi khususnya UNS siswa akan mendapatkan wawasan yang lebih tentang pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Baik tentang sistem pendidikan, prospek pekerjaan dari masing-masing  program studi serta fasilitas yang ada di laboratorium.

Siswa dan siswi SMA N 1 Kota Mungkid mendengarkan paparan dari kaprodi
Siswa dan siswi SMA N 1 Kota Mungkid mendengarkan presentasi dari kaprodi Fisika

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan pofil jurusan Fisika, Kimia dan Biologi yang disampaikan oleh masing-masing Kepala program studi. Mempelajari fisika tidak melulu berkutat hanya  pada rumus, namun banyak cabang ilmu fisika yang berkaitan langsung dengan kehidupan, seperti geofisika yang mempelajari tentang geologi (bebatuan), dan juga fisika akustik. Demikian juga dengan lulusan fisika yang tidak hanya bekerja sebagai dosen dan tenaga pengajar, namun bisa juga sebagai peneliti dan bekerja di perusahaan swasta.

Sementara program studi biologi dan kimia juga menyampaikan visi dan misi serta peluang pekerjaan yang bisa dimasuki ketika belajar dan lulus dari prodi kimia maupun biologi.

Diharapkan dari kunjungan ini siswa tahu lebih mendalam tentang Fakultas MIPA khususnya dan UNS pada umumnya. Saat ini Universitas Sebelas Maret sudah menjadi perguruan tinggi yang patut diperhitungkan karena masuk ranking 3 (tiga) perguruan tinggi terakreditasi A versi BAN-PT dan juga rangking 4 (empat) Nasional versi 4ICU. []