Terbangkan 200 Kupu-kupu, Tandai Puncak Dies FMIPA Ke-21

0
19

 

Dekan Fakultas MIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan (dua dari kiri) didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama (empat dari kiri) dan Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (berbaju batik) menerbangka kupu-kupu sebagai tanda puncak Dies MIPA ke-21

Bekerjasama dengan Alian Butterflay Park Kebumen, Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret menerbangkan sebanyak 200 kupu-kupu menandai puncak Dies Natalis FMIPA UNS ke-21 pada hari Jumat, 29 September 2017 di halaman parkir gedung A. Pelepasan kupu-kupu dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Widodo Muktiyo didampingi oleh Dekan FMIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. (Hons)., Ph.D, Wakil Rektor II, Prof. Dr. Moh Jamin, SH., M.Hum dengan disaksikan oleh Civitas Akademika FMIPA.

Dengan diterbangkannya kupu-kupu ini sebagai tanda keseimbangan ekosistem yang ada di lingkungan kampus, apalagi Universitas Sebelas Maret tengah gencar-gencarnya untuk menjadikampus hijau yang ramah lingkungan. Semakin banyak kupu-kupu yang ada dilingkungan UNS, maka semakin bagus keseimbangan ekosistemnya. Karena siklus hidup kupu-kupu adalah yang paling lengkap melalui metamorphosis.

Puncak Dies juga ditandai dengan berbagai kegiatan diantaranya adalah donor darah, cek kesehatan dan berbagai lomba diantaranya vocal group antar programstudi dan mahasiswa. Dengan cek kesehatan diharapkan baik dosen, karyawan maupun mahasiswa, lebih dini mengetahui kondisi kesehatan masing-masing, sehingga diharapkan bisa lebih waspada dan menjaga hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan seperti menjaga pola makan dan olahraga.
DSC_1360

Disela-sela acara juga diberikan apresiasi bagi mahasiswa yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional seperti Elsa Ninda Karlinda Putri yang berhasil menjadi juara pertama pada ajang Indonesian Young Green Award LIPI 2017 dan Usnida Uma Zahra yang berhasi meraih beasiswa sebesar 20 juta rupiah pada ajang kompetisi L’Oreal Girls in Science 2017 kerjasama Kemendikbud dan UNESCO.

Prof. Jamin dalam sambutannya mewakili Rektor, mengatakan bahwa MIPA diusia ke-21 harus bisa menjadi fakultas yang terdepan dan inovatif baik dalam bidang akademik maupun yang lain, seperti dua tahun berturut-turut FMIPA berhasil menjadi juara Green Campus.
“Saya punya harapan yang besar kepada fakultas ini, diusia 21 tahun bisa menjadi fakultas yang unggul dan punya sumbangsih yang besar kepada universitas,” ujarnya. [M2]