TIM PKM MIPA MENOREHKAN PRESTASI 1 EMAS DAN 1 PERUNGGU PADA PIMNAS 2014

0
194

PKM 2014 2
Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dari Fakultas MIPA menorehkan prestasi yang membanggakan. Dari dua tim yang lolos PIMNAS, kesemuanya memperoleh juara. Masing-masing memperoleh medali emas dan perunggu.

Pimnas yang diadakan di Universitas Diponegoro Semarang, diikuti oleh tim PKM dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia baik negeri maupun swasta. Dua tim dari MIPA masing-masing diketuai oleh Rahmat Hidayat dan Priska Julia Hendrastuti yang kesemuanya berasal dari Jurusan Kimia.

Tim yang diketuai oleh Rahmat Hidayat dengan anggota Ganjar Fadillah dan Uswatul Chasanah mengangkat tema “Uji Efisiensi Peranan Katalis Zeolit Alam Nanopori Sebagai Slow Release Fertilizers Dalam Pelepasan Nitrogen Dari Pupuk”. Seperti diketahui, pupuk nitrogen seperti urea merupakan pupuk yang memilki peranan penting dalam pertanian, namun pemanfaatannya paling tidak efisien karena mudah hilang dikarenakan beberapa faktor sehingga tidak maksimal diserap oleh tanaman. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi lain untuk memperbaiki efisiensi pemupukan salah satunya dengan slow release. Salah satu bahan yang dapat dikembangkan sebagai pengkontrol pelepasan nitrogen dalam pupuk adalah zeolit alam.

Sementara tim kedua yang diketuai oleh Priska Julia Hendrastuti dengan anggota Ayuni Dita Rosalia, Rais Nur Latifah, dan Dhini Aulia Phasa mengangkat tema “Preparasi dan Karakterisasi Limbah Tempurung Kelapa (Cocos Nucifera L.) Sebagai Komposit Logam Ag/Alumina-Karbon Aktif Untuk Aplikasi Lapisan Anti Bakteri pada Air Conditioner (AC) Mobil.”

Pengambilan tema ini bertujuan untuk membuat lapisan anti bakteri yang mampu menekan pertumbuhan atau mematikan mikroorganisme merugikan yang keluar dari saluran udara AC pada mobil sehingga mampu digunakan sebagai penyaring udara sederhana dengan harga relatif lebih murah.