Workshop Alat FITR, Fourier transform infrared spectroscopy

0
159

FITRLab Terpadu Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Workshop alat Fourier transform infrared spectroscopy(FTIR), selama 2 (dua) hari Kamis – Jum’at, 4-5 Juli 2013 di Ruang Laboratorium yang ada di Gedung C FMIPA.

FITR merupakan suatu teknik pengukuran spektrum berdasarkan pada respon dari radiasi infra merah. Pada spektroskopi Infra Merah, radiasi Infra Merah akan dilewatkan ke sampel kemudian diabsorbsi dan ditransmisikan melalui fingger print molekular dari sampel yang dianalisis.

“Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan tentang penggunaan spektroskopi FITR serta mengisi liburan semester,” demikian dikatakan oleh Dr. Sayekti Wahyuningsih, M.Si selaku Ketua Lab MIPA Terpadu sekaligus sebagai ketua pelaksana workshop.

Workshop ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa, baik dari MIPA maupun di luar MIPA. Adapun materi workshop adalah Teori FITR dan Analisa FITR, Peragaan preparasi sampel dan orientasi sampel, dilanjutkan dengan praktek dalam kelompok. []