Workshop Internasional Di FMIPA UNS, Struktur Mikro Untuk Pengembangan Energi Baru Dan Terbarukanr

0
374

Dalam rangka Dies Natalis ke-37 UNS diselenggarakan An International Workshop on Microstructures and Micro-analysis dalam kaitannya dengan energy baru dan  terbarukan. Workshop diketuai oleh Dr. Risa Suryana dan dibuka oleh Ahmad Marzuki, PhD mewakili Dekan FMIPA UNS.   Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 10 April 2013 dan dihadiri oleh sekitar 50 peserta baik dosen maupun mahasiswa FMIPA UNS ini  dengan menghadirkan Dr. Claus Fischer dari Jerman.

Dr. Claus dalam workshop ini banyak menyoroti hibridisasi energy terbarukan: energy surya dan angin. Problem utama dari pemanfaatan dari dua energy ini adalah masalah penyimpanan energy. Pada siang hari, misalnya, kita dapat menghasilkan energy listrik dari energy matahari dalam jumlah besar namun untuk keperluan semisal rumah tangga, konsumsi listrik pada siang hari secara umum adalah rendah. Pada sisi lain, pada malam hari kita tidak dapat memperoleh energy matahari. Untuk keperluan ini, Dr. Claus menyarankan untuk menyimpan energy dalam bentuk atom hydrogen untuk berikutnya dikonvert menjadi energy listrik melalui hydrogen fuel cell bukan dengan battery biasa. Sesuai dengan tema workshop, pembicaraan kemudian diarahkan ke struktur mikro dari membrane untuk aplikasi hydrogen fuel cell ini.

Workshop ini akan ditindak-lanjuti dengan kerjasama antara Heliocentris Jerman dan UNS baik dalam bidang riset maupun dalam kerjasama pelaksanaan acara konferensi internasional dua tahunan di jurusan Fisika tahun 2014 yaitu ICOPIA 2014 (International Conference on Physics and Its Application) yang dikaitkan dengan acara Dies Natalis UNS 2014.