Laboratorium MIPA Terpadu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS Surakarta menjadi tujuan beberapa perguruan tinggi untuk menyelenggarakan training peralatan instrumentasi.

Training MIPA Terpadu UIN Wali SongoPada hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2015 bertempat di Lab MIPA Terpadu Gedung C telah dilaksanakan training peralatan instrumentasi atas permintaan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh 67 peserta dari Program Studi Kimia FMIPA UIN Walisongo Semarang dengan empat jenis instrumen diantaranya; HPLC (High Performance Liquid Chromatography), LC-MS (Liquid Chromatography-Mass Spectrometry), XRD (X-Ray Diffraction), XRF (X-Ray Fluorescence), FTIR (Fourier Transform Infra Red), dan NMR (Nuclear Magnetic Resonance).

UII Yogyakarta 2Sementara itu pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2015 jaga dilaksanakan Training Peralatan Instrumentasi Laboratorium dalam rangka kegiatan mata kuliah Praktikum Kimia Instrumental 2 Program Studi Kimia FMIPA Universitas Islam Indonesia di Laboratorium MIPA Terpadu Fakultas MIPA UNS. Kegiatan ini diikuti oleh 118 peserta dari Program Studi Kimia FMIPA UII Yogyakarta dengan empat jenis instrumen diantaranya; SAA (Surface Area Analyzer), STA (Simultaneous Thermal Analysis), XRD (X-Ray Diffraction), XRF (X-Ray Fluorescence).

“Saya bangga bahwa universitas lain menjadikan Lab MIPA Terpadu FMIPA sebagai rujukan untuk belajar peralatan instrumentasi yang sangat mendukung kuliah dan penelitian.”, demikian disampaikan Dekan Fakultas MIPA Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc(Hons), Ph.D kepada tim yang diketuai oleh Dr. Sayekti Wahyuningsih, M.Si.