????????????????????????????????????
????????????????????????????????????
Bernardus Sabar ketika memberi motivasi kepada salah satu peserta kuliah umum

Guna menambah wawasan serta mencetak lulusan bereputasi Internasional Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengundang pakar dari dunia industri. Mengundang pakar  animasi Bernardus Sabar Wahyudi seorang animator 3D di The Little Giantz Animation Studio Jakarta dalam tajuk Kuliah kuliah umum dan workshop dengan tema : Basic Animation Techniques for International Scale Project. Acara yang diselenggarakan pada Hari Sabtu, 20 Mei 2017 di R. Aula Gedung C dan Ruang Lab Studio ini diikuti oleh mahasiswa program Studi D3 Teknik Informatika tingkat akhir.

Dalam materinya, Bernardus Sabar menyampaikan Prinsip-prinsip dasar animasi untuk projek skala internasional. Perlu diketahui bahwa saat ini seorang animator (orang yang membuat animasi) sangat dibutuhkan di dunia industri, terutama adalah industri animasi dan perfilman, industri periklanan dan broadcasting, industri game dan tentu saja industri web dan internet. Kita mengenal film semisal Dragon Ball, Dora Emon, Shin Chan adalah produk animasi. Kita juga tahu bahwa ada beberapa film yang menggunakan animasi tingkat tinggi diantaranya adalah The Lord of The Ring dan Transformer.

Dikatakan  oleh Sabar, animator yang pernah menjadi Lead Animator di MD Entertainment dan juga merupakan lulusan Prodi D3 Teknik Informatika UNS, bahwa jika kita ingin menjadi animator yang hebat maka kemampuan dasar dan vital yang harus dimilki adalah kemampuan dasar artistik dan yang lebih penting lagi adalah kemampuan penggunaan program-program komputer.

Dengan diselenggarakannya kuliah umum dan workshop maka akan lebih mengenalkan kepada mahasiswa dasar-dasar teknik animasi yang nanti akan diperlukan dalam mengerjakan proyek-proyek animasi skala internasional, serta memberikan gambaran nyata peluang kerja di dunia animasi.

“Kami berharap, mahasiswa mengenal lebih dalam dasar-dasar teknik animasi yang diperlukan untuk mengerjakan proyek-proyek berskala internasional, sehingga mahasiswa bisa bersaing di dunia global,” demikian disampaikan Fendi Aji Purnomo, salah satu dosen Prodi D3 Teknik Informatika. [M2]