FMIPA UNS – Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi program studi ke lima dari delapan program studi yang ada di FMIPA yang mendapatkan nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagaimana diketahui bersama bahwa akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan dalam hal ini pendidikan tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen. Akreditasi juga biasa diartikan sebagai sebuah upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja.

Hasil akreditasi Prodi Matematika ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder yang ada. Hasil akreditasi A ini membuktikan bahwa Prodi Matematika baik dari sarana prasarana menyangkut  fisik maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang meliputi tenaga pengajar / dosen dan tenaga kependidikan sudah sangat baik. Demikian pula dengan mutu lulusan juga sangat baik.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, bahwa pordi Matematika telah mengajukan reakreditasi dengan mengirimkan borang, dan telah dilakukan visitasi oleh aseseor dari BAN-PT. Visitasi yang dilakukan pada tanggal 27-28 Mei 2019 dimaksudkan untuk mencocokkan antara data di lapangan dengan data yang ada diborang yang telah dikirim sebelumnya.

Penetapan hasil Akreditasi Prodi Matematika ini tertuang dalam SK BAN-PT Nomor 1932/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 tertanggal 12 Juni 2019.

Berikut adalah penetapan hasil Akreditasi Program Studi yang ada di Fakultas MIPA UNS yang masih berlaku hingga saat ini.

Program Studi Fisika dengan nilai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 468/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 tertanggal 14 Desember 2014. Program Studi Kimia dengan nilai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1293/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2017 tertanggal 2 Mei 2017. Program Studi Biologi dengan nilai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015 tertanggal 31 Oktober 2015. Program Studi Informatika dengan nilai akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 1081/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2018tertanggal 17 April 2018.

Perlu diketahui, untuk program studi Biologi selain terakreditasi A dari BAN-PT juga tersertifikasi AUN-QA(ASEAN University Network-Quality Assurance). AUN merupakan organisasi universitas di negara-negara ASEAN dimana tujuan AUN adalah untuk meningkatkan kualitas standar universitas di ASEAN. [Mnr/MIPA]