FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi tuan rumah Joint Conference on Chemistry  (JCC) 2019. JCC adalah Konferensi Internasional yang rutin diadakan oleh lima universitas besar di Jawa secara bergilir, UNS, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang tergabung dalam sebuah konsorsium.

Konferensi Internasional ini diselenggarkan selama dua hari Selasa-Rabu (10-11 September 2019) bertempat di Paragon Hotel Surakarta. Pada tahun ini (2019) selain lima universitas diatas juga dihadiri oleh anggota konsorsium tamu dari Universitas Sabah Malaysia (UMS).

Adapun pembicara yang diundang merupakan pembicara terkemuka yang berasal dari berbagai negara diantaranya adalah Jerman, Jepang, Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Spanyol disamping juga pembiacara dari UNS.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan alumni, Prof. Kuncoro Diharjo mengapresiasi diadakanya kegiatan ini.

“Kami  berharap konferensi ini memberikan dampak yang baik bagi masyarakat kimia tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia,” ujar Prof. Kuncoro.

Dengan terselenggaranya Konferensi Internasional ini diharapkan kolaborasi dapat dilakukan secara intensif melalui penelitian bersama antara anggota konsorsium dan partisipan dalam waktu dekat. [Mnr/Mipa]