FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan Evaluasi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada akhir Nopember 2020.

Acara evaluasi ini diselenggarakan pada hari Selasa (15/12/2020) secara luring bertempat di Aula Gedung C FMIPA maupun daring melalui aplikasi zoom meeting. Sebagaimana diketahui bahwa Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) FMIPA yang lolos PIMNAS sebanyak 10 tim, dan ini adalah paling banyak tim yang lolos diantara semua tim Fakultas yang ada di UNS.

Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi di tahun yang akan datang. Sebagaimana disampaikan oleh Dekan FMIPA Drs. Harjana, meski FMIPA leading di tingkat universitas namun belum merata di tingkat prodi.

“Meski kita (Fakultas MIPA) menonjol ditingkat Universitas, namun belum merata di tingkat prodi”, demikian disampaikan oleh Dekan dihadapan mahasiswa yang lolos PIMNAS dan dosen pembimbing baik secara daring mauppun luring.

Dari evaluasi ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan prestasi PKM diantaranya adalah perlu adanya tim ahli selain pembimbing, sehingga potensi mahasiswa bisa dioptimalkan. Selain itu juga perlu ada rekognisi skripsi dimana makalah PKM yang lolos PIMNAS bisa langsung diakui sebagai tema skripsi.

Yang tidak kalah penting adalah di dalam menyusun PKM harus benar-benar taat azaz, dan disiplin administrasi. Apa yang ada di buku panduan harus dijalankan secara disiplin.

Sebagaimana disampaikan oleh Marcus Saputra, salah satu peraih medali emas kategori poster PIMNAS ke-33, tim juara adalah yang paling sempurna, yang tidak mudah dijatuhkan dari segi manapun, baik tanya jawab maupun poster. Marcus juga berpesan kepada tim pembimbing untuk membekali mahasiswa dalam presentasi, bagaimana cara menjawab pertanyaan dari dewan juri, bukan hanya cara presentasi saja. Jawaban dari tim harus bisa meyakinkan dewan juri.

Acara ditutup dengan pemberian apresiasi kepada mahasiswa ketua dan anggota tim PKM yang lolos PIMNAS 2020 juga kepada pembimbing PKM. [MnR/MIPA]