Alat Early Warning System (EWS) diserahkan Dosen Prodi Fisika, Mohtar Yunianto kepada Kepala Desa Wonorejo Yusuf Aziz Rahma untuk selanjutnya dipasang di bantaran kali Samin, Kamis (25/02/2021) sebagai pendeteksi dini bencana banjir

FMIPA UNS – Untuk mitigasi bencana banjir di Desa Wonorejo Kecamatan Polokarto Sukoharjo, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta pada Kamis (25/02/2021) memasang alat early warning system (EWS). Pemasangan EWS ini dilakukan oleh Mahasiswa dari Program Studi Fisika dibawah bimbingan dosen Mohtar Yunianto, S.Si., M.Si.

Hal ini dilakukan sebagai solusi permasalahan yang dihadapi waga desa Wonorejo. Sebagaimana diketahui bahwa desa tersebut merupakan desa langgaran banjir tiap tahun. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Desa Wonorejo, Yusuf Aziz Rahma, Amd, SPd. Warga dibantaran kali samin (sungai yang melintasi desa Wonorejo) selalu terlambat di dalam mengatisipasi banjir. Dengan kedatangan mahasiswa dan dosen dari UNS, Yusuf merasa bersyukur, karena membawa manfaat bagi warga di bantaran kali samin.

“Dengan alat yang dipasang oleh rekan-rekan dari UNS, kami berharap  warga desa bisa mendeteksi lebih dini bahaya banjir, sehingga bisa mengatisipasinya,” ujar Yusuf.

Mewakili warga Yusuf berterimakasih atas bantuan alat ini. Harapanya dengan alat (EWS) yang sudah terpasang ini warga yang terdampak banjir bisa dievakuasi lebih dini.

Sementara itu kepada Program Studi (Prodi) Fisika, Dr. Agus Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan di Desa Wonorejo ini adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat dari dosen Prodi Fisika. Tema atau topik pengabdian terkait dengan memberikan pemahaman dan memberikan sebuah solusi terkait mitigasi bencaja terutama banjir. Prodi Fisika memberikan sebuah solusi dan pemahaman mitigatsi kepada masayarakat Wonorejo dengan sistem EWS. Ini adalah bentuk dari tri dharma Perguruan Tinggi. Peran atau kontribusi perguruan tinggi sangat diharapkan masyarakat. Staf dosen dan mahassiwa bisa terlibat dalam pengabdian tersebut.

“Terimakasih atas peran dan kontribusi dosen dan mahasiswa yang dibimbing oleh Pak Mohtar. Semoga mejadi amal baik buat kita dan lebih mengedepankan peran Prodi Fisika kepada masyarakat,” pungkas Dr. Agus. [MnR/MIPA]