Budi Sampurno dari PT Dirgantara Indonesia ketika menyampaikan peluang kerjasama di Ruang Sidang I FMIPA pada hari Selasa (16/03/2021)

FMIPA UNS – Pada hari Selasa (16/03/2021) PT Dirgantara Indoesia (PT DI) melakukan kunjungan ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS). Kunjungan dimaksudkan sebagai kerjasama lanjutan yang telah terjalin sebelumnya dan diterima langsung oleh Dekan FMIPA beserta jajarannya di Ruang Sidang Gedung A FMIPA.

Penjajagan kerjasama lanjutan ini terkait dengan pengukuran cabin noise atau kebisingan di dalam kabin pesawat N219 garapan PT DI. Hadir rombongan dari PT DI adalah  Budi Sampurno sebagai Program Manajer N219 Amphibi  dan Satrio Noegroho selaku Senior Specialist Bidang Aero Acoustics PT DI.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya PT DI dan Fakultas MIPA UNS telah melakukan Kerjasama sertifikasi noise eksternal produk baru pesawat N219 yang merupakan salah satu tahap wajib yang harus dilakukan oleh industri pesawat terbang untuk setiap produk yang mereka kembangkan.  Pesawat N219 merupakan pesawat ringan dengan mesin propeller ganda dan sanggup membawa sembilan belas penumpang. Pesawat ini dirancang sebagai wahana multi fungsi, baik untuk penerbangan jarak pendek maupun untuk keperluan lain semisal pemetaan.

Dekan Fakultas MIPA, Drs. Harjana, Ph.D. menyambut baik kedatangan rombongan dari PT DI dan berharap kerjasama ini bisa diperluas cakupannya. Apalagi saat ini tengah digalakkan program kampus merdeka, merdeka belajar oleh kementerian pedidikan dan kebudayaan.

“Kami berharap ada tenaga ahli dari perusahaan dalam hal ini PT DI yang bisa memberikan kuliah di kampus, sehingga mahasiswa bisa mengambil ilmu dan menambah wawasan dari tenaga ahli tersebut,” ujar Drs. Harjana. Begitu pula sebaliknya, mahasiswa diberi kesempatan untuk bisa magang di perusahaan. Disamping itu juga terbuka peluang untuk kolaborasi riset antara kedua institusi.

Rombongan berkesempatan untuk mengunjungi Laboratorium Riset Akustik, The Iwany Acoustics Reseasch Group (iARG) di Program Studi Fisika FMIPA UNS guna melihat peralatan yang dimiliki oleh iARG. Rencananya keseluruhan proses sertifikasi dilaksanakan bersama-sama dengan para ahli dari PTDI dan Laboratorium Riset Akustik iARG. [MnR/MIPA]