Muhammad Fajar, Leader Aerodinamika Program N219A dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ketika meyampaikan materi di FMIPA pada Selasa (16/03/2021)

FMIPA UNS – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tertarik untuk menjalin kerjasama dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Hal ini ditandai dengan kunjungan rombongan dari LAPAN pada hari Selasa (16/03/2021) dengan maksud dan tujuan penjajagan kerjasama saling menguntungkan dengan Fakultas MIPA.

Saat ini LAPAN dan PT DI tengah mengembangkan pesawat transport nasional N219 dan N219 Amphibi. Hal ini disampiakan oleh Teuku Mohd Ichwanul Hakim, Engineering Staff Aerodinamika Program N219A/koordinator peneliti PRN-LPDP N219 BAA.

“Saat ini kami tengah mengembangkan Pesawat Transpor Nasional N219, N219 Amphibi bersama PT DI, “ ujar Ichwan. Kedatangan Ichwan didampingi oleh Sinung Tirtha Pinindriya, Cief Engineer Program Pesawat Transport Nasional dan Muhammad Fajar, Leader Aerodinamika Program N219A. Selain pengembangan pesawat transport nasional LAPAN juga tengah mengembangkan pesawat tanpa awak.

Berkaitan dengan kerjasama yang ingin dijalin, diharapkan semakin banyak mahasiswa yang melakukan kerja praktek dengan belajar di instansi lain di luar prodi atau universitas terutama di industri. Selain magang dan kolaborasi riset diharapkan juga dari kerjasama ini pihak industri berkontribusi dalam proses pengajaran di kampus sebagai tindak lanjut dari program kampus merdeka merdeka belajar.

Kita akan paham apa yang terjadi di industri jika kita punya networking. Jangka dekat dari kerjasama ini adalah pengukuran cabin noise untuk pesawat N219 yang tengah dikembangkan oleh LAPAN dan PT DI. Simpul Kerjasama antara LAPAN, PT DI dan Fakultas MIPA sangat mungkin  bisa ditautkan. Fakultas MIPA mempunyai modal berupa human capital dan lab yang memadai.

Fakultas MIPA UNS memilki Laboratorium Riset Akustik, The Iwany Acoustics Reseasch Group (iARG) yang berada di Program Studi Fisika dengan peralatan yang memadai dan sumber daya yang mumpuni. [MnR/MIPA]