FMIPA UNS – Grup Riset Statistika dan Sains Data Bidang Lingkungan dan Kesehatan, Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakrata mengadakan kegiatan Pelatihan Excel untuk Guru dan Siswa SMPN 1 Mojolaban Sukoharjo. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Senin (5/7/2021) pukul 8.30 – 11.30 WIB secara luring di sekolah dan daring melalui aplikasi zoom meeting.

Sebagaimana disampaikan oleh salah satu anggota Gorup Riset, Dr. Hasih Pratiwi, kegiatan pelatihan ini dilakukan dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema Pemanfaatan Excel untuk Analisis dan Visualisasi Data Kesehatan Masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

“Diharapkan dari pelatihan ini, para peserta dapat menggunakan aplikasi Excel untuk visualisasi dan analisis data kesehatan di Kabupaten Sukoharjo,” ujar Hasih Pratiwi kepada tim mipa.uns.ac.id.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah agar peserta dapat memahami gambaran kondisi kesehatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo dan dapat menggunakan aplikasi Excel untuk visualisasi dan analisis data kesehatan di Kabupaten Sukoharjo.

Kegiatan yang diikuti oleh 237 orang, yang terdiri dari guru dan siswa SMPN 1 Mojolaban Sukoharjo, menghadirkan narasumber Kiki Ferawati, S.Stat., M.Stat. dan Muhammad Bayu Nirwana, S.Si., M.Sc. Keduanya adalah dosen Prodi Statistika FMIPA UNS.

Pada akhir kegiatan, peserta diberikan kuesioner untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dan kuis terkait materi pelatihan. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta hingga akhir kegiatan. [MnR/MIPA]