FMIPA UNS – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Sharing Session bersama Mayor Lek Dr. Hendri Himawan T, S.T., M.Eng dari Akademi Angkatan Udara Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan pada hari Jum’at (30/7/2021) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara diikuti oleh Mahasiswa Fakultas MIPA yang tertarik dengan teknologi kedirgantaraan, robotik dan elektronika dari berbagai Program Studi.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang sudah terjalin antara AAU dengan FMIPA UNS. Dr. Hendri Himawan merasa bangga karena bisa sharing dengan UNS, karena UNS merupakan salah satu Universitas Top di Indonesia. Harapannya, antara UNS dan AAU bisa berkolaborasi dengan lebih erat.  Karena masing-masing kita mempunyai goal yang sama, yaitu bagaimana bisa selaras dan sejalan untuk memajukan bangsa Indonesia.

“Banyak peluang dan tantangan yang perlu kita kolaborasikan untuk pengembangan teknologi kedirgantaraan”, ujar Dr. Hendri

Dr. Hendri juga banyak menyampikan tentang Alutsista (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia). Dimana dia mengatakan bahwa tujuan pengembangan Alutsista adalah berdiplomasi bukan hanya perang. Agar negara lain segan dengan negara kita. Perlu pengembangan Alutsista yang disegani di Kawasan. Karena alutsista yang disegani di kawasan adalah salah satu alat diplomasi.

Pengembangan alutsista juga salah satu hal untuk mendukung operasi militer selain perang, seperti penanganan bencana dan juga mendukung penanganan terorisme.

Menurut Dr. Hendri masih banyak sekali peluang dan tantangan dalam pengembangan teknologi militer di Indonesia diantaranya adalah Network Centric Warfare, Cloud Computing, Robotic, Cyber Security, Satelit GPS, Jaring Komunikasi.  Peluang dan tantangan ini menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan berkarir di militer.

Sementara, Dekan Fakultas MIPA Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D mengucapkan terimakasih kepada Dr. Hendri Himawan atas kesediaan meluangkan waktu memberikan materi tentang peluang dan tantangan kedirgantaraan di Indonesia.

“Terimaksih saya ucapkan kepada Dr. Hendri Himawan yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan materi tentang peluang serta tantangan kedirgantaraan di Indonesia,” ujar Dekan. [Mnr/MIPA]