Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho memberikan sambutan pada acara pembukaan dan penyambutan Assesmen Lapangan Prodi Biologi Program Doktor, Senin (30/08/2021)

FMIPA UNS – Program Studi Biologi Program Doktor pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengajukan proses akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN PT).  Dikarenakan kondisi pandemi ,  Assesmen Lapangan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Kegiatan Assesmen Lapangan dilaksanakan selama dua hari, Senin-Selasa (30-31/08/2021). Untuk memudahkan koordinasi, disamping dilakukan secara daring, juga diadakan secara luring dengan protokol kesehatan ketat di ruang aula Gedung C FMIPA yang di hadiri oleh Unit Pelaksana Program Studi (UPPS) dan pejabat terkait.

Hadir sebagai Assesor dari BAN PT adalah Prof. Dr. Yosephine Sri Wulan Manuhara, M.Si dan Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr.

Sebelum agenda assesmen, dilakukan acara pembukaan dan penyambutan oleh pimpinan Universitas. Hadir pada acara pembukaan, Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum,  Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ahmad Yunus, Ketua LPPMP, Ketua LPPM beserta Ketua Unit yang ada di lingkungan Universitas Sebelas Maret.

Pada sambutannya Rektor mengatakan bahwa proses akreditasi merupakan sebuah keniscayaan bagi sebuah institusi akademik.

Akreditasi membantu untuk mengetahui sejauh mana lembaga tersebut telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan pemerintah atau standar nasional pendidikan sebagai standar minimal kualitas,” ujar Rektor

Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Assesor dari BAN PT yang telah berkenan untuk melakukan Assesmen Lapangan ke Universitas Sebelas Maret khususnya ke Program Studi Biologi Program Doktor. Semoga apa yang diusahakan oleh Prodi S3 Biologi memperoleh hasil yang maksimal.

Sementara itu Asesor dari BAN PT mengatakan bahwa kedatangan mereka adalah untuk mengklarifikasi antara data di borang yang telah dikirim, dengan kondisi di lapangan. Bukan untuk menguji. Karena bisa jadi ada kegiatan atau data yang signifikan mendukung akreditasi namun belum sempat dimasukkan ke borang.

Di akhir sesi hari kedua asesor mengucapkan terimakasih dan merasa nyaman karena penerimaan dan respon yang baik.

“Kami mengucapkan terimakasih atas penerimaan yang baik dan respon yang baik pula. Informasi dan data pendukung lengkap sehingga bisa melakukan assesmen lapangan secara maksimal,” ujar Prof. Wulan

Karena keterbatasan, sehingga assesmen tidak bisa dilaksanakan dengan tatap muka. Semoga apa yang dikerjakan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan berharap semoga Prodi Biologi Program Doktor bisa meningkatkan jumlah mahasiswa hingga ke seluruh Indonesia. [MnR/MIPA]