FMIPA UNS – Badan Pusat Statistik (BPS) berencana membuka Layanan Pojok Statistik di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Pojok Statistik merupakan media layanan dan promosi statistik BPS yang berada di lingkungan Universitas. Pojok  Statistik merupakan salah satu bentuk kolaborasi antara BPS dan Universitas dalam rangka meningkatkan peyebaran informasi statistik serta meningkatkan kemampuan penggunaan dan pemanfaatan hasil statistik khususnya di lingkungan mahasiswa.

Hal ini diungkapkan Bob Setiabudi, S.Si, M.Si selaku Koordinator Fungsi Statistik Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Provinsi Jawa Tengah pada hari Jumat (17/09/2021) di Ruang Sidang I Gedung A FMIPA UNS dalam rangka penjajagan kerjasama kedua belah pihak diantaranya terwujudnya layanan pojok statistik di FMIPA. Lebih lanjut dikatakan bahwa berdasarkan analisis Sistem Informasi Layanan Statistik tahun 2020, mahasiswa merupakan segmen yang cukup besar dalam pelayanan statistik, hampir 41 persen.

Hadir dalam acara tersebut Dekan dan jajaran Dekanat FMIPA, Kepala Program Studi (Kaprodi) Statistika, Kaprodi Matematika dan perwakilan dari Prodi Informatika.

Dekan menyambut baik inisiasi dari BPS untuk membuka layanan pojok statistika di FMIPA, mengingat layanan tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan literasi data statistika bagi mahasiswa serta mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dari hasil pertemuan disepakati untuk menindaklanjuti berupa Perjanjian Kerjasama antara FMIPA UNS dan BPS. Disamping itu juga direncanakan akan dibangun Layanan Pojok Statistika sebagai bentuk layanan statistik di lingkungan FMIPA sehingga mahasiswa dari  Prodi-prodi di lingkungan UNS bisa memanfaatkan layanan pojok statistik tersebut.

Hadir dari BPS adalah Bapak Bob Setiabudi, S.Si, M.Si (Koordinator Fungsi Statistik Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statsitik BPS Provinsi Jawa Tengah), didampingi oleh Medha Wardhany, S.Si, M.Si. (Sub Koordinator fungsi Diseminasi dan Pelayanan Statistik BPS Provinsi Jawa Tengah); Totok Tavirijanto, S.Si. (Kepala BPS Kota Surakarta); Siswo Widjanarko, M.SE, M.Sc. (KaSubBag.TU BPS Kota Surakarta) ; Ir. Bambang Nugraha, M.Si (Koordinator Fungsi Statistik Sosial) dan Citra Chintia Mutiara, S.ST, M.Si. (Sekretaris WBBM). [MnR/MIPA]