FMIPA UNS – Program Studi S1 Ilmu Lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menerima Asesmen Lapangan dari Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Rencananya asesi ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai Rabu-Kamis (22-23 September 2021).

Sebelum acara dimulai diawali dengan pembukaan dan penyambutan asesor oleh pimpinan Universitas dan Fakultas. Nampak hadir Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus , M.S. mewakili Rektor, Ketua LPPMP, Ketua LPPM dan Ketua Lembaga yang ada dilingkungan UNS.

Dalam sambutannya, Prof. Yunus mengatakan bahwa saat ini FMIPA merupakan salah satu Fakultas yang menjadi kebanggaan Universitas dengan berbagai keunggulannya. Diantara keunggulan FMIPA adalah jumlah dosen atau tenaga pengajarnya yang bergelar Doktor lebih dari 56 persen. Dan juga fasilitas yang memadai diantaranya Lab MIPA Terpadu yang mempunyai keluaran penelitian memadai baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Fakultas MIPA memiliki dosen yang tergolong kelompok dosen muda, sangat agresif dan penuh inisiatif untuk mendongkrak kualitas UNS terutama dalam hal publikasi dan perolehan paten,” ujar Prof. Yunus.

Hadir sebagai Asesor BAN PT adalah Dr. Bambang Yudono, M.Sc. dan Prof. Dr. Ignasius Loyola Setyawan Purnama, M.Si. Kedua asesor mengucapkan  terima kasih karena sudah diterima oleh pihak UNS sesuai dengan jadwal yang telah disepakati sehingga bisa melakukan visitasi secara online.

Asesor juga menyinggung kepekaan UNS dalam memotret lingkungan eksternal sehingga lebih spesifik dalam mengembangkan Prodi Ilmu Lingkungan dan berkontribusi  terhadap ilmu pengetahuan, sosial, ekonomi, politik dan budaya. Tentunya dengan lebih peka menggali potensi eksternal akan meningkatkan daya saing. Asesor juga menyinggung landasan filosofis mengapa Ilmu Lingkungan perlu diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret. [MnR/MIPA]