Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho (kedua dari kiri) didampingi Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta, Djaka Nur Sahid (berbaju batik), Dekan FMIPA, Drs. Harjana, Ph.D (paling kiri) dan Korodinator Tata Usaha FMIPA melepaskan sepasang Burung Jalak Bali (Rabu, 29/09/2021)

FMIPA UNS -Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum berkenan meresmikan Bird Conservatory  yang berada lingkungan taman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UNS pada hari Rabu (29/09/2021) bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-25 FMIPA UNS. Diharapkan keberadaan Bird Conservatory bisa menjadi sarana dan upaya pelestarian burung langka yang dilindungi dengan memperhatikan manfaat dari pemeliharaan, penangkaran, dan sistem pelestarian yang relevan.

Untuk tahap awal,  telah disiapkan lima pasang Burung Jalak Bali. Di pilihnya Jalak Bali karena burung ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 421/KPTS/UM/8/1970.

Perlu diketahui bahwa pengadaan lima pasang Jalak Bali ini tidak terlepas dari Kerjasama dengan pihak ketiga dalam hal ini Bank Jateng. Pimpinan Bank Jateng Cabang Koordinator Surakarta, Djaka Nur Sahid sangat mengapresiasi dan sangat mendukung keberadaan Bird Conservatory  ini.   

“Kegiatan yang dilakukan FMIPA (Bird Conservatory) sangat luar biasa, sehingga selaku mitra UNS kami sangat mendukung kegiatan dan program-program yang dicanangkan rektor” ujar Djaka disela-sela acara peresemian.

Sementara itu, rektor mengucapkan terima kasih kepada Bank Jateng yang telah memberikan bantuan burung Jalak Bali melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) di Fakultas MIPA UNS guna melestarikan dan menghindari kepunahan Jalak Bali. [MnR/MIPA]