FMIPA UNS – Tim Pengabdi Riset Group Biomateri Tumbuhan Program Studi Biologi Fakultas MAtematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang dipimpin Prof. Suranto, M.Sc., Ph.D dengan anggota Dr. Solichatun, M.Si., Dr. Nita Etikawati, M.Si., Dr. Widya Mudyantini, M.Si., Ari Pitoyo, M.Sc., Suratman, M.Si. dan Ardo Tanjung, M.Sc.  pada bulan Agustus sampai Oktober 2021 ini telah menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di Dusun Kramen Desa Pablengan Matesih Karanganyar Jawa Tengah. Mitra kegiatan adalah ibu ibu anggota Kelompok Tani (Klomtan) Tani Mulyo Kramen yang merupakan mitra pengabdian sejak tahun 2019.

Sebagaimana disampaikan oleh Dr. Nita Etikawati (salah satu anggota tim RG) kepada tim mipa.uns.ac.id pada hari Rabu (27/10/2021), kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pendampingan pengembangan Rumah Produksi UBILAR yang telah terbentuk sebagai  wadah kreatifitas ibu ibu dalam menggali potensi dan meningkatkan ekonomi dusun. Aneka pangan berbasis ubi jalar telah berhasil diproduks Rumah produksi UBILAR seperti tepung ubi jalar, dodol, brownis dan aneka biskuit.

Lebih lanjut Nita mengatakan bahwa salah satu permasalahan yang berhasil diidentifikasi di masa pandemi ini adalah menurunnya produksi yang cukup signifikan akibat terhentinya kegiatan promosi dan pemasaran produk.

“Di masa pandemi ini terjadi penurunan produksi yang cukup signifikan dikarenakan terhentinya kegiatan promosi dan pemasaran produk, sehingga perlu diatasi dengan beberapa kegiatan pendampingan” demikian disampaikan Nita Etikawati.  

Beberapa kegiatan pendampingan dimaksud diantaranya adalah pengurusan PIRT produk tepung ubi jalar UBILAR, penyuluhan pemasaran produk melalui media sosial, pelatihan food photography, serta pembuatan website rumah produksi sebagai sumber informasi produksi serta pemasaran produk.

Kegiatan penyuluhan pemasaran dan pelatihan food photography dilakukan secara daring melalui zoom meeting. Beberapa anggota mitra dilatih menggunakan aplikasi zoom sehingga mitra dapat mengikuti kegiatan dengan lancar. Kegiatan pelatihan food photopgraphy melibatkan mahasiswa dari kelompok studi Biopix. Kelompok studi yang mendalami photography  ini berbagi pengetahuan tentang dasar dasar  photography serta tip dan trik dalam food photography untuk mendapatkan foto yang menarik.

“Kemampuan ini sangat berguna bagi mitra sehingga mampu secara mandiri membuat konten untuk promosi dan pemasaran produk,” ujar Nita.

Untuk memudahkan dalam promosi dan pemasaran Tim Pengabdi juga melakukan pendampingan dalam pembuatan web sebagai sarana promosi dan komunikasi dengan konsumen. https://rumahproduksiubilar.com/ merupakan Web Rumah Produksi UBILAR yang berisi informasi mengenai jenis produk yang dihasilkan, cara pemesanan dan informasi mengenai Rumah Produksi UBILAR serta klomtan Tani Mulyo Kramen Matesih.

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan dukungan dana LPPM UNS melalui kegiatan PKM HGR UNS. [MnR/MIPA]