FMIPA UNS — Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali meraih prestasi membanggakan di kancah nasional. Mereka adalah Zahra Cantiabela dan Ruth Andini, mahasiswa Program Studi (Prodi) S-1 Statistika FMIPA UNS yang meraih juara lomba infografis di tiga ajang berbeda secara berturut-turut.

Zahra Cantiabela mengaku senang dan bersyukur atas hasil yang didapat sebagaimana dikutip dari uns.ac.id. Ia juga sempat merasa bingung ketika mengetahui bahwa mereka bisa memenangkan tiga kompetisi tingkat nasional secara berturut-turut.

“Akhirnya kemarin kami bisa memenangkan tiga kompetisi di kancah nasional dan bisa membanggakan UNS,” tutur Zahra, Selasa (26/10/2021).

Ketiga prestasi yang mereka raih diantaranya juara 3 lomba infografis Statistic Explore 2021 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Statistika (Himasta) Universitas Syiah Kuala; juara 3 dan juara favorit lomba infografis Avenger Up 2021 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Universitas Pertamina; juara 1 Infografis Caption Environmental Competition (Infection) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Lingkungan UNS.

Beragam solusi mereka tawarkan dalam setiap infografis yang dibuat. Karya infografis yang maju dalam Avenger Up 2021 berjudul “Energy Conservartion Is Not A Trend, But A Necessity”. Infografis ini mengangkat tema energi alternatif. Zahra dan Ruth menuangkan gagasan konservasi energi berupa penggunaan sampah organik melalui teknik co-firing sebagai solusi alternatif terkait ketersediaan batu bara yang kian menipis.

Pada ajang Statistic Explore 2021, mereka mengajukan karya infografis berjudul “Indonesia SMART (Strategi Masyarakat & Pemerintah Road to Internet of Things”. Infografis ini memaparkan kiat dalam memajukan Indonesia. Mereka menawarkan solusi menata kota menuju smart province dengan melibatkan peran Internet of Things (IoT).

Ada juga infografis terkait cara menjaga kebersihan air di masa pandemi. Karya yang diajukan pada ajang E-ction 2021 ini mencoba mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam hal air bersih dan kelayakan sanitasi.

“Kami selalu berdiskusi bersama. Mencari materi juga saling membantu. Untuk desain juga saling membantu. Revisi bersama,” terang Ruth Andini.

Dengan mengikuti lomba infografis ini, Zahra dan Ruth mencoba memaksimalkan potensi mereka dalam hal pengolahan data dan desain. Mereka belajar mencermati isu terkini dan dengan kreatif menghadirkannya dalam bentuk infografis yang menarik. Selain itu, infografis juga menjadi hal yang erat kaitannya dengan perkuliahan statistika mereka.

Ketiga raihan prestasi tersebut mereka dapatkan secara berturut-turut pada akhir September 2021. Keberhasilan Zahra dan Ruth juga tidak lepas dari peran Irwan Susanto, S.Si, DEA., dan Dr. Winita Sulandari, S.Si., Msi., selaku dosen pembimbing dalam mengikuti kompetisi ini. [MnR/MIPA]

Sumber : uns.ac.id